Analisis Perubahan Peminat Pada Angkutan Kota ADL Di Kota Malang Dengan Pendekatan Sistem Dinamik

Hindarum, Anindito (2018) Analisis Perubahan Peminat Pada Angkutan Kota ADL Di Kota Malang Dengan Pendekatan Sistem Dinamik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Angkutan kota ADL adalah mobil angkutan umum berwarna biru yang Namanya memiliki kepanjangan Arjosari Dinoyo Landungsari. Dalam setahun belakangan angkutan kota ADL mengalami penurunan pengguna diikuti dengan penurunan keuntungan, hal ini disebabkan oleh mulai menjamurnya transportasi umum berbasis online dan semakin meningkatnya kepemilikan kendaraan pribadi. Dipilihnya angkutan kota ADL melewati rute yang melewati dan dekat dengan tempat ramai diantaranya adalah beberapa sekolah, universitas dan pasar. Oleh karena itu perlu adanya simulasi peminat angkutan kota ADL agar dapat melihat bagaimana keadaan bisnis angkutan kota ADL. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan sistem dinamik, dimana dimulai dengan pembuatan Causal Loop Diagram (CLD) dan mengidentifikasikan causal loop diagram tersebut, langkah selanjutnya adalah pembuatan Stock Flow Diagram (SFD) beserta formulasi variabel-variabelnya software yang digunakan adalah Vensim kemudian dilaksanakan Verifikasi dan Validasi model simulasi yang dilanjutkan dengan langkah terakhir ialah pembuatan skenario dan menganalisis skenario mana yang dapat dilaksanakan untuk mendapatkan profit pengguna yang optimal. Penelitian ini menunjukan bahwa dari 3 skenario yang dibuat angkutan kota ADL tetap mengalami penurunan profit dan pengguna, dimana skenario 1 dibuat skenario dengan pengurangan trip yang dilakukan, pada skenario 2 pengurangan jumlah armada yang beroperasi dan pada skenario 3 dilakukan pengurangan trip dan jumlah armada yang beroperasi. Skenario 2 merupakan skenario yang mendapatkan profit yang paling optimal dengan peningkatan profit sebesar 107% untuk tahun 2022 dan 108% untuk tahun 2027, dan dibuatlah model sistem baru untuk angkutan kota ADL untuk meningkatkan jumlah penggunanya dengan melihat waktu tunggu antar armada dari model sistem baru didapatkan peningkatan sebesar 134% dan 138,2% untuk tahun 2022 dan 2027

English Abstract

Transportation city ADL is a blue colored public transport car whose name has an extension Arjosari Dinoyo Landungsari. In recent years, transportation city ADL has decreased users, followed by a decrease in profits, due to the proliferation of online-based public transport and increasing private vehicle ownership. The urban transport of ADL passes the route that passes by and close to the bustling places are some schools, universities and markets. Therefore it is necessary to simulate the transportation city ADL in order to see how the state of ADL city transport business. In this research used dynamic system modeling, which begins with the creation of Causal Loop Diagram (CLD) and identified the causal loop diagram, the next step is making Stock Flow Diagram (SFD) and the formulation of variables, software used is Vensim then held Verification and Validation on the simulation model followed by the final step is creating scenarios and analyzing which scenarios can be implemented to gain optimal user profit. This study shows that out of 3 scenarios made for transportation city ADL still have decreased profit and users, where scenario 1 use reduction trip, in scenario 2 reduction on fleet and on scenario 3 use reduction on trip and fleet. Scenario 2 is the most optimal profit scenario with 107% profit increase for 2022 and 108% for 2027, and for that created new model system to increase the number of its users of transportation city ADL by looking at inter-fleet waiting time of new system model obtained 134% and 138.2% increase for 2022 and 2027

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/893/051809126
Uncontrolled Keywords: Causal Loop Diagram, Sistem Dinamik, Stock and Flow Diagram, Vensim Causal Loop Diagram, System Dynamic, Stock and Flow Diagram, Vensim
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:33
Last Modified: 10 Oct 2018 01:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12487
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item