Pendidikan Gizi Tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat Antara Metode Ceramah Dan Metode Komik Pada Siswa Kelas 5 SDN Tumpakrejo 1 Dan SDN Tumpakrejo 2 Kabupaten Malang

Hartono, NurPratiwi (2014) Pendidikan Gizi Tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat Antara Metode Ceramah Dan Metode Komik Pada Siswa Kelas 5 SDN Tumpakrejo 1 Dan SDN Tumpakrejo 2 Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siswa sekolah dasar merupakan salah satu kelompok yang rentan menjadi korban keracunan makanan. Metode ceramah merupakan metode yang efisien dan sederhana sedangkan metode komik merupakan metode yang menarik dan disukai anak SD. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan pemilihan jajanan sehat antara metode ceramah dan metode komik pada siswa kelas 5 SDN Tumpakrejo 1 dan SDN Tumpakrejo 2. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experimental study dengan pre-test and post-test design. Jumlah sampel adalah 41 orang, yang diambil dengan cara total sampling yaitu memilih seluruh siswa kelas 5A pada SDN Tumpakrejo 1 dan seluruh siswa kelas 5 pada SDN Tumpakrejo 2. Variabel yang diteliti adalah tingkat pengetahuan pada kelompok ceramah dan kelompok komik berdasarkan nilai pre-test, post-test pertama, dan nilai post-test kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan pada kedua kelompok yang diberi pendidikan gizi tentang jajanan sehat dengan metode ceramah dan metode komik (p<0,05). Namun, tidak ada perbedaan yang signifikan (p>0,05) tentang tingkat pengetahuan pemilihan jajanan sehat antara metode ceramah dan metode komik.

English Abstract

Elementary school students is one of the groups that being suspectible to get food poisoning. Lecture method is efficient and simple method while the comic method is an interesting and preferred method for elementary school children. The aim of this study was to determine differences about healthy snacks choice knowledge between lecture method and comic method on fifth grade students in SDN Tumpakrejo 1 and SDN Tumpakrejo 2. This research was quasy experimental study with a pre-test and post-test design. 41 samples are used, which taken by using total sampling, which selects all students in class 5A at SDN Tumpakrejo 1 and all students in class 5 at SDN Tumpakrejo 2. This research variable are the knowledges in the lecture group and the comic group based on the value of the pre-test, first post-test and second post-test values. The results showed that there was a significant increases about knowledge in both of groups were given nutritional education about healthy snacks choice with the lecture method and comic method (p<0.05). However, there was no significant differences about knowledge on healthy snacks choice on both treatment groups (p>0.05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/361/051403201
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jun 2014 14:42
Last Modified: 21 Oct 2021 09:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124349
[thumbnail of 6._BAB_4.pdf]
Preview
Text
6._BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_6.pdf]
Preview
Text
8._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_5.pdf]
Preview
Text
7._BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_7.pdf]
Preview
Text
9._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
11._LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
1._Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2._ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_2.pdf]
Preview
Text
4._BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_1.pdf]
Preview
Text
3._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_3.pdf]
Preview
Text
5._BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item