Rozi, Indhira Farah Putri (2018) Analisis Product Knowledge, Kredibilitas Tenaga Penjual, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk KRASIDA Berdasarkan Persepsi Nasabah pada PT. Pegadaian Kotalama Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kredit Angsuran Gadai (KRASIDA) merupakan salah satu kredit yang disediakan oleh PT. Pegadaian Kotalama Malang. Dilihat dari jumlah nasabah pada perusahaan, tercatat adanya perbandingan jumlah nasabah yang tidak sesuai dengan target yang diinginkan oleh perusahaan. Hal tersebut disebabkan oleh keputusan pembelian terhadap produk KRASIDA yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu penilaian product knowledge, kredibilitas tenaga penjual, dan kualitas produk untuk mengetahui keputusan pembelian dari nasabah terhadap penggunaan KRASIDA. Sehingga dapat dilakukan perbaikan guna meningkatkan keputusan pembelian pada nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang sedang menggunakan produk kredit pada PT. Pegadaian Kotalama Malang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner tertutup dengan jumlah responden 257 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Dengan metode regresi linear berganda dapat dihitung besar perubahan pada lebih dari satu variabel bebas dengan variabel terikat. Maka dari itu, metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh product knowledge, kredibilitas tenaga penjual, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian yang diperoleh pada uji F yaitu untuk F hitung diperoleh nilai 373,758 sedangkan pada F kritis nilai yang diperoleh yaitu 2,64 dengan alpha yaitu 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel product knowledge, kredibilitas tenaga penjual, dan kualitas produk mempengaruhi variabel keputusan pembelian nasabah. Sedangkan secara parsial variabel-variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian nabasah adalah variabel product knowledge, dan kualitas produk dengan perolehan nilai Uji t kritis dengan nilai alpha sebesar 0,05 yaitu 1,969 sedangkan untuk uji t hitung diperoleh nilai 11,345 untuk variabel product knowledge, dan 5,508 untuk variabel kualitas produk. Persamaan nilai yang didapatkan pada hasil analisis regresi linear berganda yaitu Y= 0,192 + 0,261 X1 +0,006 X2 + 0,132 X3. Berdasarkan hasil analisis regresi, diketahui variabel-variabel yang memiliki kontribusi besar terhadap keputusan pembelian berturut-turut dari yang terbesar adalah product knowledge dan kualitas produk. Rekomendasi perbaikan yang diusulkan adalah pihak perusahaan melakukan peningkatan periklanan pada media cetak dan media sosial guna meningkatkan pengetahuan konsumen akan produk pada perusahaaan, menerapkan penjualan tatap muka (personal selling) antara perusahaan dengan calon pembeli, dan melakukan publisitas (publicity) dengan cara memberikan informasi terkait dengan penghargaan yang telah diraih oleh perusahaan agar masyarakat mengetahui produk yang terdapat pada perusahaan.
English Abstract
KRASIDA is one of credit provided by PT. Pegadaian Kotalama Malang. Based on the number of customers in the company, there is a comparison of the number of customers who are not in accordance with the desired target by the company. This is due to the low purchase decision of KRASIDA products. Therefore, an assessment of product knowledge, the credibility of the sales force, and the quality of the product to determine the purchasing decision of the customer for the use of KRASIDA. So that can be done improvements to improve purchasing decisions to customers. The population in this study are customers that are using credit products at PT. Pegadaian Kotalama Malang. Sampling technique of this research is probability sampling. Methods of data collection using interviews and questionnaires covered with the number of respondents 257 people. The analysis technique used in this research is multiple linear regression test. Multiple linear regression analaysis method can analyze the influence of independent variables to dependent variable. This methode can analyze more than one independent variable. Therefore, the method is used to determine the effect of product knowledge, credibility public relation, product quality against purchase decision The result of the research obtained in the F test is 373,758 and F tabel is 2,64 with = 0,05.It shows that together the variable of product knowledge, the credibility of the salesman, and the quality of the product influence the variable of customer purchase decision. While the partial variables that significantly influence the decision of purchasing customer is the product knowledge variable, and product quality variable with the value of t tabel on =0,05 is 1,969 and t test is 11,345 for the product knowledge variable, and 5,508 for the product quality variable. Equation of values obtained in the results of multiple linear regression analysis is Y = 0.192 + 0.261 X1 +0,006 X2 + 0.132 X3. Based on regression analysis results, it is known that the variables that have a large contribution to the purchase decision respectively from the largest are product knowledge and product quality. The proposed improvement recommendation is that the company improves advertising in print and social media to increase the product knowledge of the product on the company, applying personal selling between the company and the prospective buyer, and publicity by providing related information with awards that have been achieved by the company for the public to know the products contained in the company.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/533/051806764 |
Uncontrolled Keywords: | Kredit Angsuran Gadai (KRASIDA), Product Knowledge, Kredibilitas Tenaga Penjual, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Analisis Regresi Linier Berganda. KRASIDA, Product Knowledge, Credibility Public Relation, Product Quality, Purchase Decision, Multiple Linear Regression Analysis. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12372 |
Preview |
Text
Indhira Farah Putri Rozi.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |