Pengaruh Sudut Pengapian Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar 6 Langkah Berbahan Bakar Ethanol

Aulia, Iga Purwa (2018) Pengaruh Sudut Pengapian Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar 6 Langkah Berbahan Bakar Ethanol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di zaman yang modern ini perkembangan teknologi sangat pesat sekali. Salah satunya dibidang otomotif. Inovasi di dunia otomotif baik roda 2 maupun roda 4 sangat cepat dalam beberapa tahun. Teknologi yang dikembangkan pun sangat beragam dan kompetitif di kelasnya. Perkembangan terbaru motor bakar adalah dengan siklus 6 langkah yang berbasis pemambahan durasi difusi massa campuran udara ,bahan bakar dan durasi difusi termal dari dinding silinder ke campuran bahan bakar. Ini memungkinkan terjadinya peningkatan homogenitas maupun temperature dari campuran udara bahan bakar untuk mendapatkan daya ekspansi yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental nyata (real eksperiment). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut pengapian pada motor bakar 6 langkah dengan bahan bakar ethanol. pengapian menggunakan CDI (capasitor discharge ignition) dengan variasi sudut pengapian 240, 260 dan, 280. Putaran crank shaft divariasikan interval 600 rpm dari putaran 7200 rpm sampai dengan 2400 rpm. motor bakar 6 langkah yang diamati adalah torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar efektif, dan efisiensi termal efektif. Hasil yang diperoleh pada pengujian ini adalah pada sudut pengapian 280 menghasilkan torsi dan daya efektif yang lebih tinggi dibandingkan dengan sudut pengapian 260 dan 240. Hal ini disebabkan karena penggunaan bahan bakar ethanol yang mengakibatkan kecepatan pembakaran lebih lambat sehingga perlu memajukan sudut pengapian agar daya ledak campuran udara – bahan bakar lebih besar. Selain itu, juga menghasilkan konsumsi bahan bakar paling rendah, sehingga menjadi lebih irit bahan bakar dibandingkan menggunakan sudut pengapian 260 dan 240. Dan juga efisiensi termal efektif sudut pengapian 280 lebih besar daripada sudut pengapian 260 dan 240..

English Abstract

In this modern era the development of technology is very rapid. One of them is in the otomotif division. Innovation in the automotive field both in two wheel and four wheel is very fast in a few years. The developed technology is very varied and competitive . The latest developments in an internal combustion engine is with six strokes cycle. Engine with six strokes increases duration time for diffusion and air fuel mix ratio. This will enhance homoginity of air fuel mixture, therefore it will increase combustion proses. The method is used real experiment . This research was influence of ignition timing variable on six strokes engine using ethanol fuel. ignition using CDI ( capasitor discharge ignition) with variation of ignition angle 240, 260 and, 280. Round crank shaft varied 600 rpm with intervals from 7200 rpm to 2400 rpm . engine six strokes the determine a torque, horse power, spesific fuel consumption effective and, efficiency thermal effektive. Results the observation of ignition timing 280 have a torque and horse power higher than ignition timing 260 and 240 because ethanol fuel have slow burning speed so it needs to advance of the ignition timing also that explotion more powerfull. And than it also produces consumption more lowest , so be more economical than ignition timing 26 and 24. And also the effective thermal efficiency of the ignition timing 280 is so greater than ignition timing 260 and 240.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/465/051806036
Uncontrolled Keywords: ignition timing , engine six Strokes , Performance Work , CDI Programmable
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.25 Engines > 629.254 Ignition, electrical, electronic systems of internal-combustion engines
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:48
Last Modified: 22 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12299
[thumbnail of Pengantar & Summary.pdf]
Preview
Text
Pengantar & Summary.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of orisinalitas.PDF]
Preview
Other
orisinalitas.PDF

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.PDF]
Preview
Other
lembar pengesahan.PDF

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Iga Purwa Aulia.pdf]
Preview
Text
Iga Purwa Aulia.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of sertifikat plagiasi.PDF]
Preview
Other
sertifikat plagiasi.PDF

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 1. Judul Skripsi.pdf]
Preview
Text
1. Judul Skripsi.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 - Pendahuluan 2007.pdf]
Preview
Text
BAB 1 - Pendahuluan 2007.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 4. SK Penguji.pdf]
Preview
Text
4. SK Penguji.pdf

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2 - Tinjauan Pustaka.pdf]
Preview
Text
BAB 2 - Tinjauan Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3 - Metode Penelitian.pdf]
Preview
Text
BAB 3 - Metode Penelitian.pdf

Download (893kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4 - hasil.pdf]
Preview
Text
BAB 4 - hasil.pdf

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5 - Kesimpulan.pdf]
Preview
Text
BAB 5 - Kesimpulan.pdf

Download (90kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item