Kepuasan Pelanggan Ayam GorengNelongso Pada Dua Outlet Di KotaMalang

Mulyo, Basuki Adi (2018) Kepuasan Pelanggan Ayam GorengNelongso Pada Dua Outlet Di KotaMalang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan bisnis industri rumah makan dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tingkat kepuasan pelanggan terhadap Ayam Goreng Nelongso pada dua outlet di Kota Malang dan Untuk menganalisis dan mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Ayam Goreng Nelongso pada dua outlet di Kota Malang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pertimbangan terkait dengan kepuasan pelanggan, dan faktor - faktor yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan para pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di Ayam Goreng Nelongso Outlet Sawojajar dan Ayam Goreng Nelongso Outlet Soekarno Hatta. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis lewat uji t dan uji F serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Dalam penelitian ini teknik pembuatan skala menggunakan skala likert. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden yang terbagi masing – masing 75 responden untuk satu outlet. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil uji regresi dengan variabel dummy menunjukkan nilai sig 0,7101 > 0,05 artinya tidak signifikan hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan pada kedua outlet relatif sama. Hasil uji regresi berganda secara simultan menunjukkan nilai sig 0,0000 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa, secara simultan 4 variabel independen yaitu harga, produk, lokasi dan kualitas pelayanan dengan signifikan memberikan kontribusi yang besar terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil uji regresi variabel harga menunjukkan nilai sig 0,0043 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan kedua outlet. Hasil uji regresi variabel produk menunjukkan nilai sig 0,0068 < 0,05 artinya variabel produk berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan kedua outlet. Hasil uji regresi variabel lokasi menunjukkan nilai sig 0,2712 > 0,05 artinya variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan kedua outlet. Hasil uji regresi variabel kualitas pelayanan menunjukkan nilai sig 0,0000 < 0,05 artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan kedua outlet. Disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan di kedua outlet Ayam Goreng Nelongso relatif sama dan kualitas pelayanan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di kedua outlet Ayam Goreng Nelongso.

English Abstract

The purpose of the research was to know to explain the level of customer satisfaction Ayam Goreng Nelongso at two outlets in Malang. The results of this study were expected to provide information and considerations related to customer satisfaction. The research was conducted in Ayam Goreng Nelongso Sawojajar and Ayam Goreng Nelongso Soekarno Hatta. Analysis method used in this research was quantitative method include test of validity and reliability, hypothesis test by t test and F test and coefficient determination analysis test (R2). In this research using likert scale. Data processing method used by researchers is multiple regression analysis. The samples used in this study were 150 respondents. Sampling method using purposive sampling method. The data obtained is the primary data which is the result of the respondent's answer to the distributed questionnaire. The result of regression test with dummy variable shows sig value 0,7101 > 0,05 means is not significant this indicate that customer satisfaction level at two outlet relatively same. The result of multiple regression test simultaneously shows sig value 0,0000 < 0,05 it shows that, simultaneously 4 independent variable price, product, location and service quality give big contribution to variable customer satisfaction. The result of regression test of price variable shows the value of sig 0,0043 < 0,05 this indicates that price variable have significant effect to customer satisfaction in two outlet. Result of regression test of product variable shows sig value 0,0068 < 0,05 this indicate that product variable significant effect to customer satisfaction in two outlet. Result of regression test of location variable shows the value of sig value 0,2712 > 0,05 this indicate that location variable has no significant effect to to customer satisfaction in two outlet. The result of regression test of service quality variable shows the value of sig 0,0000 < 0,05 this indicates that service quality variable have significant effect to customer satisfaction in two outlet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/253/051805018
Uncontrolled Keywords: price, product, location, service quality, customer satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:54
Last Modified: 22 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12197
[thumbnail of Basuki Adi Mulyo.pdf] Text
Basuki Adi Mulyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item