Analisis Strategi Peningkatan Penjualan Produk Air Mineral Ades pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia

Mahesaba, Enissita Ninditya (2018) Analisis Strategi Peningkatan Penjualan Produk Air Mineral Ades pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjualan air mineral di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. PT. Coca Cola Amatil Indonesia telah menjalankan beberapa strategi untuk penjualan air mineral nya dengan merk dagang Ades namun hasilnya penjualan produk Ades dari tahun 2016 ke tahun 2017 mengalami penurunan. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini peneliti ingin mengidentifikasi faktor apa saja yang berpengaruh pada penjualan produk Ades sehingga dapat membuat strategi baru untuk penjualan produk Ades. Tahap pertama yang dilakukan pada penelitian ini adalah tahap input stage yaitu dengan mengidentifikasi atribut faktor internal dan eksternal yang berpengaruh pada penjualan produk Ades. Selanjutnya, atribut faktor tersebut dimasukkan dalam matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE) kemudian masing-masing faktor diberi bobot dan rating. Tahap selanjutnya yaitu matching stage dimana skor tersebut dimasukkan dalam matriks Internal-Eksternal untuk mendapatkan dapatkan posisi perusahaan. Lalu dibuat alternatif strategi untuk masingmasing tipe strategi dengan menggunakan matriks SWOT. Dan tahap terakhir ntuk memilih strategi utama yang akan dijalankan perusahaan yaitu decision stage dimana strategi-strategi yang telah didapatkan dimasukkan dalam matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang kemudian masing-masing strategi di beri skor daya tarik pada tiap atributnya dan kemudian dijumlahkan. Hasilnya dari masing-masing atribut faktor diperoleh skor untuk matriks IFE sebesar 2,479 dan skor pada matriks EFE sebesar 3,158 dan didapatkan posisi perusahaan berada kuadran II yaitu keadaan Grow and Build sehingga strategi yang cocok dijalankan adalah Market Penetration, Product Development dan Forward Integration yang kemudian dibuat alternatif strategi dengan matriks SWOT. Kemudian dilanjutkan pada tahap terakhir menggunakan matriks QSPM didapatkan skor untuk strategi Market Penetration sebesar 5,633 lalu untuk strategi Product Development sebesar 3,521 dan untuk strategi Forward Integration sebesar 3,441. Maka strategi utama yang akan dijalankan perusahaan yaitu Market Penetration yaitu dengan melakukan kegiatan promosi melalui media sosial, kemudian bekerja sama dengan pemerintah, intansi maupun komunitas untuk menjadi sponsor acara. Strategi selanjutnya yaitu mendisplay lebih banyak produk Ades dengan meletakkan Ades pada titik tertentu di toko menggunakan rak milik Ades sendiri yang di desain dengan menarik. Strategi terakhir adalah untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen dengan memberikan promosi-promosi yang menarik seperti hadiah dibalik tutup botol dan promosi “buy 1 get 1 free”.

English Abstract

The sale of mineral water in Indonesia is increasing annually. PT. Coca Cola Amatil Indonesia has implemented several strategies to sell their mineral water brand, Ades. However, report shows decreased sales rate of Ades in 2016 to 2017. This study aims to identify factors contributing to the sales of Ades and formulate new strategy to improve it. The first step of this study is input stage where this stage is to identify internal and external factors that could contribute to the sale of Ades. Aforementioned factors are then inputted in Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) matrix respectively. Each will be weighted and given rate to calculate the final score for the matrix. Then the next step is matching stage where the final scores are then inputted to Internal-External factor matrix. The result shows where is the company placed. The alternative strategy is then made for each type of strategy using the SWOT matrix. And the last step is decision stage to choose the main strategy that will be implemented by the company is selected by inputting aforementioned strategies in Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Each strategy will be given scores based on attractiveness in each attributes and then being summed for overall score. From each factor the result shows 2.479 for IFE matrix and 3.158 for EFE matrix. It shows that the company is placed in Quadran II, which is the Grow and Build condition. Strategy that is suitable to be implemented in this condition is Market Penetration, Product Development and Forward Integration. Then in the last step from QSPM matriks result shows 5.633 for Market Penetration strategy, 3.521 for Product Development strategy, and 3.441 for Forward Integration strategy. Based on the score, Market penetration is chosen as the main strategy. The implementation of market penetration is done with social media promotion and building partnership with government, institution, and other parties as sponsors. The next strategy is displaying more Ades product in stores with specially designed shelves. The last strategy is maintaining and improving customer’s loyalty by giving interesting promo such as prizes hidden behind the lid and “buy 1 get 1 free” promo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/367/051804731
Uncontrolled Keywords: Analisis Strategi Penjualan, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Jul 2018 08:27
Last Modified: 21 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11831
[thumbnail of lembar pengesahan.PDF]
Preview
Other
lembar pengesahan.PDF

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 1 IFE.pdf]
Preview
Text
Lampiran 1 IFE.pdf

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of lembar orisinalitas.PDF]
Preview
Other
lembar orisinalitas.PDF

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of KELENGKAPAN.pdf]
Preview
Text
KELENGKAPAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 2 EFE.pdf]
Preview
Text
Lampiran 2 EFE.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (732kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item