Efisiensi Saluran Pemasaran Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Margin Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L.) Di Pasar Dinoyo, Kota Malang

Dianitasari, Nur ‘Ilya (2018) Efisiensi Saluran Pemasaran Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Margin Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L.) Di Pasar Dinoyo, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cabai rawit merupakan salah satu komoditi yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat dengan tidak memandang tingkat sosial maupun pendapatannya.Di Indonesia, budidaya cabai rawit tertinggi terletak di Jawa Timur dengan sumbang 31,6% dari seluruh Indonesia. Meskipun produksi cabai rawit cukup tinggi, namun di sisi lain harga yang diterima petani lebih rendah.Hal ini dapat terlihat dari data Nilai Tukar Petani (NTP) Jawa Timur oleh BPS (2017) yang menunjukkan bahwa Nilai Tukar Petani pada petani holtikultura Jawa Timur mengalami penurunan dari 102,29 pada Januari 2017 menjadi 100,80 pada Mei 2017. Selisih ini menunjukkan jika sistem pemasaran yang terjadi belum efisien.Salah satunya yang terjadi di Pasar Dinoyo, Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah: 1.Mendeskripsikan saluran pemasaran yang terjadi dalam pemasaran cabai rawit di Pasar Dinoyo, Kota Malang. 2. Menganalisis pembagian distribusi shareyang diterima tiap-tiap lembaga. 3. Menganalisis saluran yang paling efisien dalam pemasaran cabai rawit di Pasar Dinoyo, Kota Malang. 4. Menganalisis faktor-faktor yangmempengaruhi margin pemasaran cabai rawit di Pasar Dinoyo, Kota Malang. Penelitian dilakukan di Pasar Dinoyo, Kota Malang, Jawa Timur. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Pasar Dinoyo, Kota Malang merupakan salah satu pasar Kelas I, sehingga terdapat peluang adanya keberagaman saluran pemasaran cabai rawit yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penentuan responden pedagang yaitu metode sensus dengan menggunakan seluruh responden pedagang cabai rawit di Pasar Dinoyo sejumlah 17 orang. Sedangkan metode penentuan responden untuk lembaga pemasaran selanjutnya menggunakan metode snowball sampling. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan 42 orang responden petani dan 35 pedagang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan margin, distribusi share, efisiensi pemasaran, dan regresi. Dari hasil penelitian terdapat 4 saluran pemasaran cabai rawit di Pasar Dinoyo, Kota Malang, yaitu: 1. Saluran Pemasaran 1: Petani – Pedagang Pengecer – Konsumen Ke-1: Petani – pedagang Pengecer Pasar Dinoyo - Konsumen 2. Saluran Pemasaran 2: Petani – Tengkulak – Pedagang Pengecer – Konsumen Ke-1: Petani – Tengkulak – Pedagang pengecer Pasar Dinoyo – Konsumen. 3. Saluran Pemasaran 3: Petani – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen Ke – 1: Petani – Pedagang Besar Pasar Gadang – Pedagang Pengecer Pasar Dinoyo – Konsumen. 4. Saluran Pemasaran 4: Petani – Tengkulak - Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen ii i ii Ke – 1: Petani – Tengkulak – Pedagang Besar Pasar Gadang – Pedagang Pengecer Pasar Dinoyo – Konsumen Ke – 2: Petani – Tengkulak – Pedagang Besar Pasar Dinoyo – Pedagang Pengecer (pedagang keliling) – Konsumen. Saluran pemasaran 1 melewati satu lembaga pemasaran yaitu pedagang pengecer Pasar Dinoyo. Harga jual yang ditetapkan petani yaitu sebesar Rp 21.000,-/kg atau sebesar 78,95%. Harga ini ditentukan melalui kesepakatan antara petani dan pedagang pengecer. Sedangkan harga jual oleh pedagang pengecer Pasar Dinoyo yaitu sebesar Rp 26.600,-/kg atau sebesar 21,05%. Penetapan harga ini mengikuti harga pasar yang beredar pada waktu penelitian yaitu pada minggu ketiga Bulan Januari 2018. Margin yang diterima oleh pedagang pengecer sebesar Rp 5.600,-/kg. Hal ini menunjukkan bagian yang lebih besar untuk petani meskipun nilai keuntungan yang diambil oleh responden pedagang tergolong cukup besar. Saluran pemasaran 2 melewati lembaga pemasaran tengkulak dan pedagang pengecer Pasar Dinoyo. Distribusi keuntungan yang diterima lebih menguntungkan lembaga pemasaran tengkulak dibandingkan pedagang pengecer Pasar Dinoyo, yaitu 90,59% dibandingkan dengan 9,41%. Sedangkan, pada distribusi share petani menerima distrbusi sebesar 75,31%, lembaga pemasaran tengkulak menerima ditribusi sebesar 9,59%, dan lembaga pemasaran pedagang pengecer Pasar Dinoyo menerima distribusi sebesar 15,10% Saluran pemasaran 3 melewati lembaga pemasaran pedagang besar Pasar Gadang dan pedagang pengecer Pasar Dinoyo. Petani pada saluran pemasaran ini menerima distribusi share sebesar 75,19%. Lembaga pemasaran pedagang besar Pasar Gadang mendapatkan distribusi share sebesar 14,10%. Sedangkan lembaga pemasaran pedagang pengecer Pasar Dinoyo mendapatkan distribusi share sebesar 10,71%. Saluran terakhir yaitu saluran pemasaran 4 yang melewati tiga lembaga pemasaran. Pada saluran jenis pertama distribusi share yang diterima petani sebesar 75,19%. Pada lembaga pemasaran tengkulak hanya menerima sebesar 3,38%, dan pedagang besar Pasar Gadang serta pedagang pengecer Pasar Dinoyo menerima distribusi sebesar 10,71%. Ditribusi harga ini masih belum terdistribusi secara rata. Jenis kedua pada saluran keempat ini memiliki distribusi yang tidak proporsional. Distribusi share yang diterima petani yaitu sebesar 77,19%, sedangkan pada lembaga pemasaran tengkulak menerima distribusi share sebesar 6,14%. Lembaga pemasaran pedagang besar Pasar Dinoyo menerima distribusi share sebesar 10,00% dan lembaga pemasaran pedagang pengecer pedagang keliling menerima distribusi share sebesar 6,67%. Nilai efisiensi pemasaranpada saluran 1 yaitu sebesar 5,43%. Saluran pemasaran 2 memiliki nilai efisiensi pemasaran sebesar 15,71%. Sedangkan saluran pemasaran 3 meimiliki efisiensi pemasaran sebesar 6,69%. Saluran pemasaran 4 jenis pertama memiliki nilai efisiensi pemasaran sebesar 6,43%, dan jenis kedua memiliki efisiensi pemasaran sebesar 5,68%. Faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran cabai rawit di Pasar Dinyo, Kota Malang yaitu harga di tingkat petani (X1), jumlah lembaga pemasaran (X2) dan jarak petani dengan lembaga pemasaran terdekat (X3) secara simultan sebesar 84,14%. Secara parsial harga di tingkat petani (X1) berpengaruh iii iii negatif dengan nilai koefisien sebesar 0,0598337dan jarak petani dengan lembaga pemasaran terdekat (X3) berpengaruh negatif dengan nilai koefisien sebesar 396,0339. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat empat saluran distribusi cabai rawit di Pasar Dinoyo, Kota Malang. Diantara ke empat saluran pemasaran tersebut, saluran pemasaran 1 memiliki nilai efisiensi tertinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran cabai rawit di Pasar Dinoyo, Malang secara simultan yaitu harga ditingkat petani, jumlah lembaga pemasaran dan jarak petani dengan lembaga pemasaran terdekat. Sedangkan, secara parsial yaitu harga ditingkat petani dan jarak petani dengan lembaga pemasaran terdekat dengan tingkat kepercayaan sebesar 89,69%.

English Abstract

Cayenne pepper was one of commodities that consumed by all societies without seeing their social level or income. In Indonesia, the largest cayenne pepper cultivation was in East Java (31.6%). Even though, that high production level of cayenne pepper, but price on farmer was still low. It could be seen from Farmer Changing Value (NTP) on East Java based on BPS (2017) showed that horticulture‟s NTP was decreasde from 102.29 on January 2017 been 100.80 on May 2017. This difference showed that marketing system was not efficient yet. One of them was occured in Dinoyo Market, Malang City. The purposes of this research were: 1. Describe cayenne pepper channel marketing in Dinoyo Market, Malang City. 2. Analyze share distribution on each institutions. 3. Analyze the most efficient marketing channel of cayenne pepper in Dinoyo Market. 4. Analyze factors that affected marketing margin of cayenne pepper in Dinoyo Market, Malang City. This research was conducted at Dinoyo Market, Malang City, East Java. Determining the location of the research was done pusposively with the consideration that Dinoyo Market is one of the First Class market, so there would be a probability of various marketing channels. The method used in the determination of trader respondent was census method about 17 people. While the method used to determined market institutions was snowball method. It had 42 farmers and 35 trader respondent. The analytical method uses was descriptive analysis and quantitative analysis used margin, distribution share, marketing efficiency, and regression. The research showed that there were 4 marketing channels of cayenne pepper in Dinoyo Market, Malang City, those were: 1. 1st marketing channel: Farmer – retailer – consumer 1st = farmer – Dinoyo Market retailer – consumer 2. 2nd marketing channel: Farmer – middleman – retailer – consumer 1st = farmer – middleman – Dinoyo Market retailer – consumer 3. 3rd marketing channel: farmer – wholesaler – retailer – consumer 1st = farmer Gadang Market wholesaler – Dinoyo Market retailer – consumer 4. 4th marketing channel: farmer – middleman – wholesaler – retailer – consumer 1st = farmer – middleman – Gadang Market wholesaler – Dinoyo Market retailer – consumer 2nd = farmer – middleman – Dinoyo Market wholesaler – Retailer (melijo) – consumer 1st marketing channel only had 1 marketing institution that was retailer of Dinoyo Market. Farmer pricewas Rp 21,000.-/kg or 78.95%. This price was determined by agreement between farmer and retrailer. While, Dinoyo Market retailer pricewas Rp 26,600.-/kg or 21.05%. Margin that received by retailer was v v Rp 5,600.-/kg. It showed a bigger sharefor farmer although profit valueon retailer was quite large. 2nd marketing channel only had middleman and Dinoyo Market retailer. Profit share that received by middleman was bigger than retailer was 90.59%to 9.41%. Meanwhile, share distribution on farmer was 75.31%, middleman‟s was 9.59%, and Dinoyo Market retailer‟s was 15.10%. 3rd marketing channel had Gadang market wholesaler and Dinoyo Market retailer. On this marketing channel, farmerreceivedshare distribution of 75.19%. Gadang Market wholesaler receivedshare distribution of 14.10% While, Dinoyo Market retailer receivedof 10.71%. The 4thchannel marketing only had 3 marketing institutions. In the first type, share distribution of farmer was 75.19%. Middleman‟sreceivedof 3.38% and Gadang Market wholesaler‟s and Dinoyo Market retailer‟sreceivedof 10.71%. On this channel, price distribution was not distributed proportionally yet. The second type hada disproportionateshare distribution. Share distribution received by farmer was 77.19%, while share distribution that received by middleman was 6.14%. Dinoyo Market wholesaler receivedof of 10.00% and retailer receivedof of 6.67%. Marketing efficiency value on the first channel was 5.43%. Second marketing channel had 15.71%. While the third marketing channel was 6.69%. The fourth marketing channel on the first kind had 6.43% and the second kind was 5.68%. Factors affected marketing margin of cayenne pepper in Dinoyo Market, Malang City wereprice on farmer (X1), amount of marketing institutions (X2) and distance of farmer to the nearest marketing institutions (X3) simultaneously equal to 84,14%. Partially, price on farmer (X1) hadnegatively affected to coefficient value was 0.0598337 and distance of farmer to the nearest marketing institutions (X3) had negatively affected to coefficient value was 396.0339. The conclusion of this research werethere had four marketing channels of cayenne pepper in Dinoyo Market, Malang City. The most efficient was the first marketing channel. While, the factors affected marketing margin simultaneously were price on farmer, amount of marketing institutions and distance of farmer to the nearest marketing institutions. While, partially whom affected marketing margin were price on farmer and distance of farmer to the nearest marketing institutions with R2 was 89.69%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/263/051804300
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jun 2018 07:49
Last Modified: 20 Oct 2021 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11747
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (692kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item