Herdinawati, Betty (2014) Analisis Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Surabaya Melalui Electronic Performance (Studi Penerapan e-performance Pada Bagian Bina Program Pemerintah Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar buruknya kinerja pegawai Pemerintah Kota Surabaya, belum adanya sistem reward and punishment terkait manajemen kinerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi penerapan program e-performance pada Pemerintah Kota Surabaya, kondisi kinerja pegawai sebelum dan sesudah adanya program e-performance, serta faktor penghambatnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan pola manajemen penerapan e-performance, serta manajemen keamanan akun e-performance yang tepat dalam usaha meningkatkan kinerja pegawai. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan analisis SWOT. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara langsung kepada para pegawai Bagian Bina Program Pemerintah Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama pengamatan penulis, penerapan program e-performance melibatkan seluruh jajaran/level pada Pemerintah Kota Surabaya dilaksanakan sejak tahun 2011 karena kinerja pegawai sebelumnya dianggap belum maksimal dan belum terdapat sistem reward and punishment. Kinerja pegawai setelah dilaksanakan program tersebut semakin meningkat berdasarkan temuan peneliti melalui hasil wawancara dengan pegawai yang sebagian besar merasakan peningkatan kinerja semenjak diadakan e-performance. Program ini merupakan program manajemen kinerja yang mampu memberikan insentif terhadap pegawai. Sehingga para pegawai sangat antusias terhadap pekerjaannya dengan memberikan hasil resume kegiatan sebagai bukti kepada atasannya. Dengan teknik wawancara dan menggunakan analisis SWOT peneliti menemukan beberapa faktor yang menjadi penghambat e-performance antara lain kurangnya kemampuan pegawai mengenai teknologi informasi pada Dinas-dinas yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai Bagian Bina Program dalam mengelola aktivitas pegawai serta ditemukan penyalahgunaan akun pegawai yang merugikan berbagai pihak. Yang menjadi faktor pendukung antara lain yakni adanya Peraturan Walikota sebagai landasan hukum penerapan e-performance dalam pemberian uang kinerja, jenis teknologi yang digunakan telah memenuhi kebutuhan dan semakin memperlancar kinerja pegawai Bagian Bina Program Pemerintah Kota Surabaya.
English Abstract
The research was conducted basis of bad employees performance of Surabaya City Government, there is no reward and punishment system on performance management. The purpose of this study was to determine the condition of the implementation of e-performance program in Surabaya City Government, employee performance before and after the introduction of e-performance programs, and then the influence factor about e-performance program. The results of this study are expected to be information that can be used as consideration to determine the management of e-performance implementation, and management of security account at e-performance program that was appropriate to improve employee performance. The time this study is 2 months. The research using descriptive qualitative approach which developed by Miles and Huberman that is a data collection, data reduction, and conclusion, and then using SWOT analisys. Collecting data using observation, interviews with the employees of the City Planning Section Surabaya.Studi In Employee section of Surabaya City Government Planning. The fact of this research is e-performance program involve all of level on the Surabaya City Government since 2011 because previously employee’s performance has not maximum and there is no reward and punishment system on their management performance. The performance of civil servants after the program implemented was rise and by the findings of researchers based on interviews employees feel any performance improvements since implemented e-performance program. This program is a performance management program that is able to give incentives to employees. So that the employees are excited to work with a resume activity results as evidence to his superiors. By interviewing techniques and using SWOT analysis, researchers found factors which obstruction of e-performance program, the first is low ability of employees about information technology in another officials that can be affect on employees performance at Part of Program Development in managing employee activity and the second factors is abuse the security sistem account. The supporting factors first is Mayor Regulation as the legal basis of e-performance implementation of giving the money performance, the second is type of technology used has to correct the needs and make employee performance in Part of Program Development Surabaya City Government can be fast.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/380/051406044 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 09:23 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 08:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116483 |
Preview |
Text
Betty_Herdinawati-105030100111096.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |