Pengaruh Penambahan Konsentrasi Minyak Hati Ikan Hiu Cucut (Cenctrophorus Sp) Yang Berbeda Terhadap Kualitas Margarin Yang Disubtitusi Dengan Minyak Ikan

Londong, Inton Agustinus (2018) Pengaruh Penambahan Konsentrasi Minyak Hati Ikan Hiu Cucut (Cenctrophorus Sp) Yang Berbeda Terhadap Kualitas Margarin Yang Disubtitusi Dengan Minyak Ikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minyak hati ikan hiu pada umumya dikenal sebagai sumber vitamin A yang mencapai 85 % dari berat hati ikan hiu. Kadar vitamin A pada minyak hati ikan hiu berkisar antara 2.000 – 15.300 IU/gram. Kebutuhan dosis harian yang dianjurkan untuk vitamin A adalah sebesar 5000 IU/gram. Margarin yang difortifikasi dengan minyak hati ikan hiu, kandungan vitamin A nya bila dikonsumsi jangka panjang sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena disamping mengandung vitamin A terdapat juga kandungan Omega3 dan squalen, dimana ketiga komponen zat aktif ini sangat berguna untuk tubuh manusia seperti menambah stamina, kecerdasan otak dan sebagai suplemen pada penyakit tukak lambung dan penyakit jantung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah perbedaan konsentrasi minyak hati ikan hiu yang ditambahkan pada margarin. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah karakteristik kimia dan karakteristik organoleptik. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah 2 tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Adapun penelitian pendahuluannya adalah ekstraksi minyak hati ikan hiu. Sedangkan untuk penelitian utama adalah pembuatan margarin dengan penambahan konsentrasi minyak hati ikan hiu yang berbeda. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian didapatkan bahwa pemberian proporsi minyak hati ikan hiu cucut (Cenctrophorus sp) tidak berbeda nyata sehingga tidak memberikan pengaruh terhadap sifat organoleptik produk margarin minyak ikan. Sedangkan pemberian proporsi minyak hati ikan hiu cucut (Cenctrophorus sp) memberikan pengaruh terhadap sifat kimia produk margarin minyak ikan sehingga berbeda nyata. Dari hasil penelitian ini produk margarin minyak ikan D memberikan hasil yang terbaik dengan bilangan peroksida sebesar 10,7 g/100g, asam lemak bebas sebesar 2,08%, bilangan iod sebesar 70,6 meq/kg dan kadar air sebesar 0,64 %, dan kadar vitamin A sebesar 4868,3 IU/gram. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah perlu dilakukannya proses deodorasi guna penghilangan bau amis dari minyak ikan. Dan diperlukan juga penambahan bahan tambahan seperti flavoring agent untuk meningkatkan cita rasa.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/177/051804332
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.3 Fats and oils
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:30
Last Modified: 24 Oct 2021 06:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11610
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item