Pengaruh Persepsi Kemanfaatan Dan Sikap Pengguna Terhadap Minat Menggunakan Internet (Studi Pada Tenaga Kependidikan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya),

Fakhrunnisa, Anis (2013) Pengaruh Persepsi Kemanfaatan Dan Sikap Pengguna Terhadap Minat Menggunakan Internet (Studi Pada Tenaga Kependidikan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kemanfaatan, sikap pengguna terhadap minat untuk menggunakan internet pada tenaga kependidikan. Jenis penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dengan tiga variabel TAM ( Technology Acceptance Model ) yang diangkat dalam penelitian ini, meliputi persepsi kemanfaatan, sikap pengguna, dan minat perilaku. Metode pengumpulan data dengan menyebar kuesioner. Sampel yang diambil sebanyak 44 responden dari populasi sejumlah 80. Lokasi Penelitian di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang. Berdasar pada model penelitian maka Analisis Data yang digunakan, analisis jalur (P ath Analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemanfaatan (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel sikap pengguna (Z) dengan koefisen path sebesar 0,736 dan probabilitas t sebesar 0,000 (p<0,05). Variabel persepsi kemanfaatan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku (Y) dengan koefisien path sebesar 0,919 dan probabilitas t sebesar 0,000 (p<0,05). Variabel sikap pengguna (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat perilaku (Y) dengan koefisien path 0,726 dan probablitas t sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil pengujian menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan (X) terhadap sikap pengguna (Z), persepsi kemanfaatan (X) terhadap minat perilaku (Y) dan sikap pengguna (Z) terhadap minat perilaku (Y), ketiganya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini dikarenakan tenaga kependidikan administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya jika dilihat dari aspek kemanfaatan merasa bahwa internet memberikan manfaat dalam menunjang pekerjaan sehari-hari. Jika dilihat dari aspek sikap, tenaga kependidikan merasa nyaman, senang dan menerima dalam penggunaan internet. Jika dilihat dari aspek minat, tenaga kependidikan akan tetap menggunakan internet demi menunjuang pekerjaannya. Ketiganya menunjukkan respon yang baik terkait dalam penggunaan internet. Hasil penelitian ini mendukung teori TAM ( Technology Acceptence Model ) dimana persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan, persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna dan sikap penguna berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/425/051309053
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2013 10:25
Last Modified: 22 Oct 2021 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115980
[thumbnail of Judul_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Judul_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.print.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.print.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.print.pdf]
Preview
Text
BAB_V.print.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of orisinalitas.pdf]
Preview
Text
orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tanda_persetujuan.pdf]
Preview
Text
tanda_persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_-_print.pdf]
Preview
Text
BAB_I_-_print.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III._print.pdf]
Preview
Text
BAB_III._print.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_print.pdf]
Preview
Text
BAB_II_print.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV._print.pdf]
Preview
Text
BAB_IV._print.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item