Khamidi, Sofwan (2013) Pengaruh Diversifikasi Produk terhadap Penjualan (Studi Kasus pada Perusahaan Konveksi “Faiza Bordir” Bangil – Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui serta menjelaskan gambaran pelaksanaan diversifikasi produk dan hubungannya terhadap penjualan produk pada Perusahaan Konveksi "Faiza Bordir". Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus, di mana peneliti berusaha mendeskripsikan dan menggambarkan obyek yang diteliti berdasarkan keadaan secara apa adanya dengan melakukan perhitungan dan menarik kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Growth Mean , metode Least Square , korelasi sederhana, dan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis Growth Mean diketahui rata-rata pertumbuhan volume dan omzet penjualan sebelum diversifikasi produk adalah sebesar 2,21% dan 1,51%, setelah diversifikasi produk rata-rata pertumbuhan volume dan omzet penjualan meningkat sebesar 3,71% dan 4,57%. Hasil analisis Trend dengan metode Least Square untuk penjualan total diproyeksikan mengalami kenaikan. Nilai koefisien korelasi antara volume dan omzet penjualan dengan diversifikasi produk masing-masing yaitu : untuk Mukenah sebesar 0,798 dan 0,858, Kebaya sebesar 0,808 dan 0,885, Busana Muslim Dewasa sebesar 0,839 dan 0,958, Busana Muslim Anak-anak 0,876 dan 0,971, Kemeja Dewasa sebesar 0,614 dan 0,810, Long Dress sebesar 0,965 dan 0,981, Sepatu Bordir sebesar 0,835 dan 0,972. Hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa diversifikasi produk berpengaruh terhadap volume penjualan, ditunjukkan dengan nilai F-hitung sebesar 18,662 dan nilai adjusted R 2 sebesar 0,848 di mana sig. < 0,05. Begitu juga dengan omzet penjualan, bahwa diversifikasi produk berpengaruh terhadap omzet penjualan, ditunjukkan dengan nilai F-hitung sebesar 5868,751 dan nilai adjusted R 2 sebesar 0,999 di mana sig. < 0,05 Hal ini menunjukkan bahwa hubungan dan pengaruh antara diversifikasi produk terhadap penjualan adalah kuat. Berdasarkan analisis data dan interpretasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa dengan diversifikasi produk, maka perusahaan dapat meningkatkan volume dan omzet penjualannya. Di samping itu juga dapat menghadapi persaingan karena meningkatnya daya saing perusahaan. Karena itu perusahaan perlu mempertahankan atau bahkan meningkatkan produk baru yang telah dihasilkan. Agar produknya tidak tersisih di pasaran serta kondisi penjualan yang diharapkan dapat tercapai, maka perusahaan masih perlu didukung oleh kebijakan-kebijakan laing seperti : memperbaiki produknya untuk menyesuaikan dengan selera konsumen, penggencaran promosi, serta perluasan daerah pemasaran agar kelangsungan hidup perusahaan dapat dipertahankan dan ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/407/051308907 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Oct 2013 08:58 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115962 |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVERFIX.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |