Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengunjung Wisata Jatim Park 2 untuk Museum Satwa, Kebun Binatang, dan Wahana Permainan)”,

Henditasari, Rizka (2013) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengunjung Wisata Jatim Park 2 untuk Museum Satwa, Kebun Binatang, dan Wahana Permainan)”,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jatim Park 2 merupakan salah satu wahana permainan yang berada di Kota Batu Jawa Timur. Jatim Park 2 dikemas dengan unsur edukasi dan pariwisata dalam satu ruang lingkup. Mengingat kota Batu merupakan tempat pariwisata dan Jatim Park 2 merupakan tempat wisata yang baru saja didirikan, maka Jatim Park 2 memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meraih keunggulan dalam persaingan yang semakin kompetitif . Strategi pemasaran yang dipandang perlu mencapai tujuan perusahaan ini adalah bauran pemasaran. Selain itu saat ini Jatim Park 2 sedang menunjukkan perkembangan dalam membantu meningkatkan perekonomian dari masyarakat Kota Batu, untuk lebih meningkatkan pemasarannya, maka perlu diketahui dan dianalisis mengenai cara pemasarannya dan bagaimana cara pemasaran tersebut dilaksanakan. Bauran pemasaran akan membantu pemasar dalam memasarkan produk maupun jasanya kepada pasar sasarannya serta untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory (penelitian penjelasan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 116 dari pengunjung wisata Jatim Park 2. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, deskriptif, regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 0,430 atau 43% variabel perilaku setelah pembelian dipengaruhi oleh variabel bebas, yaitu Product (X 1 ), price (X 2 ), place (X 3 ), promotion (X 4 ), people (X 5 ), process (X 6 ), physical evidence (X 7 ), dan customer service (X 8 ). Sedangkan sisanya 57% variabel perilaku setelah pembelian akan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil analisis uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel product (X 1 ), price (X 2 ), place (X 3 ), promotion (X 4 ), people (X 5 ), process (X 6 ), physical evidence (X 7 ), dan customer service (X 8 ) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat, yaitu perilaku setelah pembelian (Y). Uji t menunjukkan bahwa varibel price (X 2 ), place (X 3 ), people (X 5 ), process (X 6 ), physical evidence (X 7 ), dan customer service (X 8 ) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat, yaitu perilaku setelah pembelian. Sedangkan variabel bebas, yaitu product (X 1 ) dan promotion (X 4 ) secara parsial tidak berpengaruh terhadap variabel terikat, yaitu perilaku setelah pembelian. Variabel people (X5) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap perilaku setelah pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/380/051308657
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2013 11:42
Last Modified: 22 Oct 2021 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115937
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tanda_persetujuan_skripsi.pdf]
Preview
Text
tanda_persetujuan_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka_skripsi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tanda_pengesahan.pdf]
Preview
Text
tanda_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB_I_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB_V_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB_II_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB_III_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item