Kinerja Dinas Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kota Malang (Studi Kasus pada Renstra Dinas Pendidikan Kota Malang tahun 2009-2014),

Sari, DevitaAyuNuridah (2013) Kinerja Dinas Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kota Malang (Studi Kasus pada Renstra Dinas Pendidikan Kota Malang tahun 2009-2014),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam mencapai tujuan negara itu tidak bisa lepas dari sumber daya manusia dari negara tersebut. Selanjutnya untuk mendapatkan sumber daya manusia yang baik dapat dicapai melalui pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan menjadi perhatian penting dalam mencapai tujuan negara. Berdasarkan data Education For All (EFA) Global Monitoring Report 2011 , pendidikan di Indonesia masih belum mencapai kualitas yang baik. Pada tahun 2008, Education Development Index (EDI) negara Indonesia adalah o,934. Nilai itu menempatkan Indonesia di posisi ke-69 dari 127 negara di dunia. Di Kota Malang pada khususnya, terdapat beberapa masalah pendidikan, antara lain peringkat kelulusan yang berada pada urutan ke 35 di Provinsi Jawa Timur dan angka putus sekolah di Kota Malang mencapai 0,99% yaitu berjumlah 1.885 anak. Kondisi pendidikan di Kota Malang ini memicu pemerintah dalam melalui kebijakan dan program yang disusun berdasarkan Renstra Dinas Pendidikan Kota Malang tahun 2009-2014. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif berbasis pada studi kasus di Kota Malang. Dalam menggunakan Renstra sebagai pedoman kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan. sesuai dengan Renstra Dinas Pendidikan Kota Malang tahun 2009-2014 pencapaian mutu pendidikan Kota Malang dilaksanakan melalui peningkatan mutu tenaga pendidik. Selanjutnya peningkatan mutu tenaga pendidik tersebut dilaksanakan melalui penyusunan kebijakan, program dan alokasi anggaran untuk pendidikan. Beberapa indikator yang menunjukkan hasil kinerja dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Kota Malang antara lain Rasio guru per 100 murid rasio guru/murid per kelas rata-rata, jumlah guru yang yang memenuhi kualifikasi S1/D4, presentase angka pendidikan yang ditamatkan, angka partisipasi kasar, angka partisipasi murni, angka partisipasi sekolah, angka rata-rata lama sekolah, pendidikan usia dini, rasio ketersediaan sekolah/penduduk usia sekolah, angka melek huruf, angka putus sekolah, angka kelulusan, angka melanjutkan dari SD/MI ke SMP/MTs dan angka melanjutkan dari SMP/MTs ke SMA/SMK/MA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kebijakan dan program yang dilaksankan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang berjalan dengan baik. Pengorganisasian anggaran dari APBD juga dapat dialokasikan dengan baik. Namun jika dilihat hasil kinerja nya melalui indikator kinerja sesuai dengan LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Publik) dan data IKU (Indikator Kinerja Utama) Dinas Pendidikan Kota Malang, menunjukkan bahwa dari 15 indikator kinerja ada peningkatan pada 9 indikator dan 6 indikator lainnya mengalami penurunan dari tahun 2011 ke tahun 2012. Artinya kinerja Dinas Pendidikan Kota Malang dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Malang tahun 2011 ke tahun 2012 mengalami peningkatan. Akan tetapi kinerja masih perlu untuk ditingkatkan karena 40% dari indikator kinerja tersebut masih mengalami penurunan. Hal ini perlu mendapat perhatian yang penting dan perlu untuk lebih diupayakan lagi melalui peningkatan kinerja sesuai dengan kebijakan yang telah disusun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/272/051307842
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2013 12:43
Last Modified: 18 Oct 2021 20:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115833
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_BAGAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_BAGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_DAN_CV.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_CV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL.pdf]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MOTTO.pdf]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PERSETUJAAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PERSETUJAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item