Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Motor Honda Matik Kabupaten Pamekasan Madura)

Ferly,LiaSandra (2012) Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Motor Honda Matik Kabupaten Pamekasan Madura). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam variabel psikologis yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor Honda matik dan mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam pembelian motor matik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian dan pengujian hipotesa. Sehingga penelitian ini juga sering disebut penelitian pengujian hipotesa, yaitu penelitian yang menganalisis hubungan antar variabel-variabel yang dirumuskan. Data-data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan mengedarkan kuesioner kepada beberapa responden yang terpilih dan data sekunder yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara meliputi: Struktur organisasi, diskripsi jabatan, dan data konsumen yang menggunakan dan melakukan pembelian motor Honda matik. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan Alat Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, variabel bebas yang terdiri dari variabel motivasi (X1), variabel persepsi (X2 ), Pengetahuan (X3), secara parsial berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian motor matic merek Honda (Y) dengan nilai F hitung sebesar 17,511 ,signifikansi 0,000. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian motor matick Honda adalah variabel persepsi (X2) dengan nilai beta 0,592 dan t hitung 3,182 dengan probabilitas sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa faktor psikologis terutama persepsi mempengaruhi keputusan pembelian motor Honda matik. Jika persepsi yang diberikan tinggi atau sesuai dengan yang diharapkan konsumen, keputusan pembelian juga tinggi demikian sebaliknya. Saran yang dapat diberikan sebagai kontribusi yaitu peningkatan motivasi, persepsi,dan pengetahuan perlu diupayakan karena terbukti dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen pemilik Honda matik, sebagai contoh, dengan memberikan inovasi-inovasi baru yang lebih menarik untuk bersaing dan juga dengan lebih cermat dan cepat mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen melalui aspek-aspek kualitas, harga, teknologi, produk, dan faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/207/051201939
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2012 11:33
Last Modified: 22 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115310
[thumbnail of 1.Cover_skripku.pdf]
Preview
Text
1.Cover_skripku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.ABSTRAKSI_new.pdf]
Preview
Text
6.ABSTRAKSI_new.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item