Kinerja Puskesmas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Puskesmas Gribig Kota Malang),

Martiaga, RezaBella (2011) Kinerja Puskesmas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Puskesmas Gribig Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya kesehatan di Indonesia belum sepenuhnya didukung oleh peningkatan jumlah tenaga kesehatan yang merata diseluruh wilayah Indonesia, dan hanya terfokus di pulau Jawa. Dengan demikian, kondisi kesehatan di Indonesia akhir-akhir ini sangat meprihatinkan, sebagai akibat tidak meratanya distribusi tenaga kesehatan. Hal ini justru berpengaruh terhadap peningkatan kualitas kinerja pembangunan kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap warga masyarakat yang dilindungi oleh undang-undang dasar. Puskesmas merupakan salah satu pusat kesehatan yang murah dan sangat membantu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Namun tidak seluruhnya Puskesmas di Indonesia bisa dikatakan mempunyai kriteria yang bagus di mata masyarakat. Hal ini karena dipengaruhi oleh kelengkapan sarana dan prasarana yang lengkap dan juga kualitas pegawai yang ada. Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Dengan penelitian tersebut penelitian akan langsung terjun di lapangan dengan menngunakan teknik observasi,interview, dan dokumentasi. Untuk itu data yang dihasilkan harus seakurat dan selengkap mungkin. Lokasi penelitian yang dipilih adalah di Puskesmas Gribig Kota Malang yang merupakan salah satu Puskesmas yang ada di Kecamatan Kedungkandang. Puskesmas ini selalu mendapat kepercayaan dari para pasiennya dikarenakan proses pelayanan yang baik dan kelengkapan sarana dan prasarana sudah memadai.. Peneliti mencoba mengumpulkan permasalahan yang sering kali didapati di Puskesmas Gribig Kota Malang. Hasil Penelitian yang dilakukan Di Puskesmas Gribig ternyata didapatkan hasil yang beragam. Permasalahan yang didapat adalah adanya kekurangan tenaga adminstrasi yang di tempatkan di bagian loket pendaftaran dan keluhan dari pihak pasien tentang pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Gribig. Keluhan tersebut biasanya data kepesertaan JAMKESMAS/JAMKESDA pasien di Puskesmas tersebut. Selain itu masih dijumpai kurangnya informasi mengenai perihal prosedur pelayanan yang didapat oleh pasien di Puskesmas Gribig.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/473/051105347
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Dec 2011 09:55
Last Modified: 22 Oct 2021 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115097
[thumbnail of MOTTO_DAN_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
MOTTO_DAN_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I,_II,_III.pdf]
Preview
Text
BAB_I,_II,_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Struktur_Organisasi_Puskesmas.pdf]
Preview
Text
Struktur_Organisasi_Puskesmas.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item