Purba, Rhutfeni (2018) Loyalitas Konsumen Terhadap Pembelian Donat (Studi Kasus Di Kafe X Dieng, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja suatu produk dan harapan-harapannya. Pemasaran Pengalaman sendiri mempunyai konsep pendekatan kepada sikap dan pemikiran konsumennya yang akan berhubungan dengan keputusan pembelian. Konsep utama dalam Pemasaran Pengalamanmemiliki lima pendekatan yaitu panca indra, perasaan, pola pikir, perilaku, dan hubungan sosial yang mempunyai hubungan positif dengan keputusan pembelian, Pemasaran Emosional adalah pendekatan paradigma baru tentang konsep pemasaran, yang dimana terkait dalam manajemen perusahaan dan sebaliknya. Dalam penelitian ini adalah sebuah kafe X yang berada Malang. Kafe X merupakan restoran dan waralaba yang mengkhususkan donat, yogurt dan kopi. Salah satu nya adalah Malang, Jawa Timur. Yang sudah memiliki outline yang cukup banyak di setiap daerah salah satunya adalah Kota Malang Penentuan responden dilakukan dengan sembarang (convenience sampling) yaitu suatu teknik pengambilan sampel tanpa mekanisme tertentu. Siapapun bisa dijadikan sampel dalam teknik sampling ini. Metode penentuan responden mengunakan rekomendasi jumlah sampel berkisar antara 30-100 dengan demikian sampel pada penelitian ini sebanyak 88 responden karena susah memenuhi jumlah responden berdasarkan literature tersebut.Nilai untuk R2 variabel Y1 sebesar 0,048 dan R2 variabel Y2 sebesar 0,608. Hal tersebut menunjukan variabel Y1 dipengaruhi sebesar 4,8 % oleh variabel yang ada pada penelitian ini dan sisa nya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Q2 = 1-(1-R12) (1-R22) = 1- (1- 0,048) (1-0,608) = - 0,344 Dari hasil perhitungan Q2 didapatkan nilai sebesar -0,344. Hal ini menunjukkan bahwa 34,4 % keragaman variabel endogen dapat dijelaskan oleh model yang terbentuk, sedangkan 65,6% sisa nya dijelaskan oleh variabel lain diluar model dan error. Variabel Pemasaran Pengalamanyang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk Donat di kafe X. Penilaian Pemasaran Pengalaman berdasarkan indikator sense dan perasaan, tetapi yang memiliki nilai yang besar adalah indikator perasaan. Pemasaran Emosionaltidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen tetapi, emosional marketing dan kepuasan konsumen bernilai positif produk Donat di kafe X. Penilaian Pemasaran Emosional pada produk donat berdasarkan indikator yang paling besar adalah uang. Variabel kepuasan konsumen yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk Donat di kafe X. Penilaian kepuasan konsumen pada produk Donat berdasarkan indikator merasa senang, merasa puas, merasa produk mudah didapat berdasarkan indikator yang paling memberikan pengaruh besar adalah merasa puas
English Abstract
Consumer satisfaction is the feeling of happy or disappointed of someone after they come and compare between their perception and impression of the performance of a product and it’s expectations. Marketing Experimental itself has the approach concept of attitude and to the way of thinking of the consumers in which will be related to their purchase decision. The main concept in experiential marketing has five approaches which are sense, feel, think, act, and relate that have a positive relationship with purchasing decisions. Emotional marketing is the approach of a new paradigm of marketing concept, which where involved in the management company and vice versa. In this study is a cafe X which located in Malang. X is a restaurant and cafe franchise that specializes in donats, yogurt and coffee productions. One of them is in Malang, East Java. Respondent are picked randomly (convenience sampling) is a sampling technique without a certain mechanism. Anyone can be sampled in this sampling technique. The method to determine the respondents use on samples between 30-100 samples, thus the sample in this study as many as 88 respondents since it is hard to meet the number of respondents said by the literature discussed. Value for variable R2 of 0.048 and R2 Y1 Y2 variable of 0.608. It shows the variable Y1 influenced by 4.8% by the variables that exist in this study and its remainder is influenced by other variables that are not used in this study. Q2 = 1- (1-R12) (1-R22) = 1- (1- 0.048) (1-0,608) = - Q 0,344 From calculation results2 obtained a value of -0.344. It shows that 34.4% of endogenous variables diversity can be explained by the model is formed, while the remainder of its 65.6% explained by other variables outside the model and error. Marketing Experiental variables that had a significant influence on consumer satisfaction on products Donats cafe Experiental Marketing X. Rating based on indicators sense and feel, but which has greater value is the indicator of feel. Emotional marketing does not have a significant impact on consumer satisfaction, however, the emotional marketing and customer satisfaction has a positive value X. products Donats cafe Emotional Assessment donats marketing products based on indicators which the most is money. Variable customer satisfaction has a significant influence on consumer loyalty to products Donats cafe X. Assessment of customer satisfaction in the product Donats based on feeling indicators happy, satisfied, find products easily obtained by most indicators which give a large influence are satisfied.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/207/051803123 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 28 May 2018 03:12 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11168 |
Preview |
Text
COVER Lengkap.pdf Download (665kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (248kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (212kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (536kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (106kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (393kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (542kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |