Analisis Pengaruh Kemasan, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Stik Tahu Menggunakan Metode Regresi Logistik di UD. GTT, Kediri

Natan, Dibya Satwhika (2018) Analisis Pengaruh Kemasan, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Stik Tahu Menggunakan Metode Regresi Logistik di UD. GTT, Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Kediri merupakan kawasan perkotaan yang sedang berkembang dan terdapat banyak unit-unit usaha industri. Salah satu badan usaha yang memproduksi tahu adalah UD. Gudange Tahu Takwa (GTT). Hasil olahan dari tahu yang memiliki daya jual yang tinggi yaitu stik tahu. Kemasan plastik yang digunakan oleh UD. GTT berwarna putih transparan, tulisan yang digunakan untuk komposisi produk terlihat samar. Informasi tentang manfaat dan keunggulan produk kurang lengkap ditampilkan pada kemasan. . Harga stik tahu dari UD. GTT yaitu untuk berat 100 gram seharga Rp.10.500, harga setiap kemasan tersebut dianggap lebih mahal dibandingkan produk lain. Promosi yang dilakukan UD. GTT masih sederhana yaitu dengan memberikan bonus jika membeli dengan jumlah produk tertentu. Untuk menarik dan memenuhi permintaan konsumen serta menghadapi persaingan dalam industri stik tahu, maka UD. GTT perlu meningkatkan kualitas kemasan yang menarik, penentuan harga, dan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemasan, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta mengetahui variabel yang signifikan terhadap keputusan pembelian stik tahu di UD. GTT Metode yang dapat diterapkan dalam analisis pengaruh kemasan, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian adalah regresi logistik. Tujuan dari metode ini adalah memperoleh model yang baik dan sederhana yang menggambarkan variabel respon dengan sekumpulan variabel prediktor. Variabel terikat yang digunakan pada penelitian ini adalah keputusan pembelian dan variabel bebas yang digunakan adalah kemasan, harga, dan promosi. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 97 kuesioner yang diisi oleh responden yang keluar dari outlet penjualan UD. GTT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemasan, harga, dan promosi dapat dijelaskan oleh model sebesar 75,7% dan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model misalnya tempat dan segmentasi. Variabel kemasan, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian stik tahu di UD. GTT karena memiliki nilai signifikasi kurang dari 0.05.. Bagi penelitian selanjutnya, hendaknya melakukan penelitian dengan menambahkan variabel lain seperti produk, orang, tempat, segmentasi.

English Abstract

Kediri city is an emerging urban area, there are many business units of industry. One business entity that produces tofu is UD. Gudange Tahu Takwa (GTT). Processed products from tofu that has a high selling is tofu stick. Plastic packaging used by UD. GTT is transparent white, the writing used for the product composition looks vague. Information about benefits and incomplete product benefits is shown on the packaging. . Price stick tofu from UD. GTT is to weight 100 grams for Rp.10.500, the price of each package is considered more expensive than other products. Promotion by UD. GTT is still simple that is by giving a bonus if buying with a certain amount of products. To attract and meet consumer demand and face competition in tofu stick industry, then UD. GTT needs to improve the quality of attractive packaging, pricing, and promotion. This study aimes to determine the effect of packaging, price, and promotion of purchasing decisions and know the significant variables to the decision to buy tofu stick at UD. GTT The methods that can be applied in the analysis of the effects of packaging, price, and promotion on purchasing decisions are logistic regression. The purpose of this method is to obtain a good and simple model that describes the response variable with a set of predictor variables. The dependent variable used in this study was the purchase decision and the independent variables used in this study were packaging, price, and promotion Data collection was done by distributing 97 questionnaires filled out by respondents who came out from UD. GTT sales outlet. The results showed that packaging variable, price, and promotion can be explained by the model of 75.7% and the rest can be explained by other variables outside the model eg place, segmentation. Packaging, price, and promotion variables significantly influence the decision of buying tofu sticks at UD. GTT because it has a significance value less than 0.05. For further research, should be considered other variables such as product, person, place, segmentation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/56/051802456
Uncontrolled Keywords: Regresi Logistik, Stik Tahu, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 May 2018 02:34
Last Modified: 18 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11151
[thumbnail of Dibya Satwhika Natan.pdf]
Preview
Text
Dibya Satwhika Natan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item