Pengaruh Proses Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di PT. Bandeng Juwana, Semarang)

Insani P.M, Indias Fitri (2018) Pengaruh Proses Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di PT. Bandeng Juwana, Semarang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perikanan merupakan salah satu industri yang cukup potensial mengingat Indonesia adalah negara maritim, dan memiliki potensi ikan yang sangat besar. PT. Bandeng Juwana adalah salah satu industri yang bergerak di bidang pangan olahan ikan bandeng. Persaingan industri olahan bandeng di Semarang sangat tinggi sehingga PT.Bandeng Juwana dituntut untuk mempertahankan konsumennya, salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Variabel proses pelayanan dan promosi merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap nilai keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Berkaitan dengan kepuasan konsumen, proses pelayanan yang diberikan diharapkan dapat memenuhi persepsi konsumen selaras dengan promosi yang dilakukan oleh PT.Bandeng Juwana. Promosi melalui media cetak, elektronik, maupun tenaga pemasar yang digunakan masih terlihat sama atau monoton dengan pasar pesaing di kawasan Pandanaran yang merupakan kawasan pusat olahan ikan bandeng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel proses pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen, serta mengidentifikasi variabel proses pelayanan dan promosi yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square, metode ini digunakan untuk mengetahui kompleksitas hubungan konstrak dan indikator-indikatornya. Penentuan populasi dan sampel yaitu menggunakan teknik non-probability sampling, dengan penentuan responden menggunakan teknik convenience sampling. Sampel penelitian ini adalah konsumen Bandeng Juwana dengan rentang usia 22-60 tahun dengan intensitas pembelian minimal dua kali dalam satu bulan dan jangka pembelian terakhir kurang lebih satu bulan saat pengisian kuisioner. Jumlah sampel responden yang digunakan sebanyak 100 orang.Variabel X dalam penelitian ini yaitu proses pelayanan (X1) dan promosi (X2), sedangkan variabel Y dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y1) dan kepuasan konsumen (Y2). Berdasarkan hasil analisis bahwa variabel proses pelayanan dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sehingga kedua variabel tersebut mempengaruhi tingkat keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen.

English Abstract

The fishery industry is one of the potential industries considering Indonesia is a maritime country, and has huge fish potential. PT. Milkfish Juwana is one of the industries engaged in the field of processed fish milkfish. Competition of processed milkfish industry in Semarang is so high that PT.Bandeng Juwana is required to retain its customers, one of which is done by increasing purchasing decisions and customer satisfaction. Variables of service process and promotion are important factors influencing to purchasing decision and consumer satisfaction. With regard to customer satisfaction, the service process is expected to meet consumer's perception in harmony with the promotion conducted by PT.Bandeng Juwana. Promotion through print media, electronics, and marketers who still exist the same or monotonous with a competitor market in the area of Pandanaran which is a center of processed milkfish. This research uses Partial Least Square method, this method is used to know the complexity of the relationship of the const and its indicators. Determination of population and sample using non probability sampling technique, with respondent determination using convenience sampling technique. The sample of this research is milkfish consumer of Juwana with age range 22-60 years with the intensity of purchase less twice in one month and period less than one month when filling questioner. The number of respondent sample used is 100 people. Variable X in this research is service process (X1) and promotion (X2), while variable Y in this research is purchasing decision (Y1) and consumer satisfaction (Y2). Based on the results of this analysis can be interpreted with. Purchase decisions, so both variables are the level of purchasing decisions made by consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/6/051801589
Uncontrolled Keywords: Proses pelayanan, Promosi, Kepuasan konsumen, Keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 May 2018 01:13
Last Modified: 16 Oct 2021 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11035
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Actions (login required)

View Item View Item