Pemahaman Dan Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Makanan Halal

Hardiyanto, ChandraDwiPrawira (2017) Pemahaman Dan Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Makanan Halal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu produk halal pada makanan dan minuman yang beredar di masyarakat bukanlah hal baru dalam upaya pengakomodasian kepentingan mayoritas masyarakat muslim di Indonesia. Umat Islam sangat berhati-hati dalam memilih dan membeli pangan dan produk lainnya yang diperdagangkan. Setiap individu memiliki preferensi dalam menentukan berbagai pilihan untuk kebutuhannya. Pemahaman yang mendasar tentang konsep makanan dan minuman yang halal dan thayyib belum mendapat perhatian khusus setiap orang. Berdasarkan hasil deskriptif mengenai variabel pemahaman menunjukkan bahwa sebagian besar responden memahami produk makanan halal. Faktor sosial dibentuk dari kelas sosial tercermin dari Makan makanan sehat menjadi gaya hidup dan pendapatan tercermin dari produk yang memiliki klaim kesehatan harganya sesuai dengan manfaatnya. Faktor psikologis dibentuk dari motivasi dan kepercayaan, indikator kepercayaan berkontribusi besar pada faktor psikologis. Pemahaman berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat memilih makanan halal, yang berarti bahwa semakin baik tingkat pemhaman masyarakat dapat meningkatkan preferensi masyarakat memilih makanan halal. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memahami makanan yang halal, yaitu makanan yang diijinkan bagi seorang muslim untuk memakannya. Faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat memilih makanan halal, yang berarti bahwa semakin tinggi faktor sosial di masyarakat dapat meningkatkan preferensi masyarakat memilih makanan halal. Hal ini menunjukkan bahwa kelas sosial dapat menunjukkan perbedaan pilihan terhadap produk barang atau jasa yang dikonsumsi. Faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap preferensi masyarakat memilih makanan halal, yang berarti bahwa semakin tinggi faktor psikologis masyarakat dapat meningkatkan preferensi masyarakat memilih makanan halal. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi masyarakat memilih makanan halal seseorang dipengaruhi oleh dua faktor psikologis utama, yaitu motivasi, dan kepercayaan. Motivasi sebagai dorongan bagi konsumen untuk melakukan pembelian yang didasarkan pada kebutuhan konsumen dan kepercayaan pada suatu produk tertentu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/238/051704389
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 16 Jun 2017 08:35
Last Modified: 04 Nov 2021 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109523
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item