Ghaisani, Zahrina (2018) Penerapan Strategi Pemanfaatan Twitter Perusahaan Oleh Public Relations PT Pelabuhan Indonesia II Dalam Menjalin Komunikasi Two-Way Symmetric. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemanfaatan twitter perusahaan merupakan salah satu aktivitas public relations untuk menjalin komunikasi dengan publik dan membentuk citra perusahaan. Dalam pemanfaatannya, praktisi public relations membutuhkan strategi agar pemanfaatan twitter perusahaan berjalan dengan efektif sehingga dapat tercapai tujuannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana penerapan strategi pemanfaatan twitter perusahaan dalam menjalin komunikasi two-way symmetric dengan publik. Lokasi penelitian ini dilakukan pada PT Pelabuhan Indonesia II. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada informan yang merupakan staf public relations PT Pelabuhan Indonesia II yang juga sebagai admin dari twitter perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II. Peneliti menggunakan teknik analisis data model interaktif untuk menganalisis data yang telah didapatkan. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa public relations PT Pelabuhan Indonesia II memanfaatkan twitter sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dengan publik perusahaan. Dalam penerapannya, strategi dalam pemanfaatan twitter perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II dalam menjalin komunikasi two-way symmetric dengan publik berjalan dengan baik sesuai dengan strategi yang dibuat. Hal ini terlihat dari adanya respon positif yang didapat dari publik dan pertukaran informasi antara perusahaan dan publik yang berjalan dengan lancar, sehingga perusahaan tidak hanya memberikan informasi, namun juga mendapatkan informasi. Selain itu, peneliti menemukan bahwa humas PT Pelabuhan Indonesia II tidak memiliki SOP yang dikhususkan untuk membentuk citra perusahaan.
English Abstract
Utilization of company Twitter is one of the public relations activities to establish communication with the public relation and forming the company's image. In its utilization, public relations practitioner requires some strategy in orderthe utilization of company's Twitter running effectively so that the goal can be achieved. Thus, this research aims to examine how the application of the company's twitter utilization strategy establish the two-way symmetric communication with the public relation. Location of this research done at PT Pelabuhan Indonesia II. This research is descriptive-qualitative method. Data collection techniques used in this research is the interview and observation. The interview was done with the informant who is the public relations staff of PT Pelabuhan Indonesia II as well as the admin of PT Pelabuhan Indonesia II Twitter. Researcher use the interactive model data analysis techniques to analyze the acquired data. Research results based on the data analysis shows that public relations of PT Pelabuhan Indonesia II utilize twitter to establish communication with the public. In its application, strategy in the utilization of PT Pelabuhan Indonesia II Twitter in establish the two-way symmetric communication with the public running effectively. This is seen from a lot of positive responses earned from the public and the exchange of information between the company and the public are running effectively, so that companies are not only giving information, but also to get information. Furthermore, the researcher found that PT Pelabuhan Indonesia II public relations does not have the SOP set aside to form the company’s image.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/243/051803863 |
Uncontrolled Keywords: | Twitter, Model Two-Way Symmetric, Public Relations |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 May 2018 06:13 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 04:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10750 |
![]() |
Text
Zahrina Ghaisani.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |