Analisis Pola Konsumsi Susu Bubuk, Susu Cair Dan Susu Kental Manis Pada Rumah Tangga Perawat (Studi Kasus Pada Perawat Di Kota Kediri)

Listyadi, Rut (2018) Analisis Pola Konsumsi Susu Bubuk, Susu Cair Dan Susu Kental Manis Pada Rumah Tangga Perawat (Studi Kasus Pada Perawat Di Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu merupakan salah satu bahan makanan yang sangat penting bagi manusia karena kandungan gizinya, susu juga banyak dipilih oleh rumah tangga guna untuk melengkapi kebutuhan gizi bagi keluarga. Termasuk pada rumah tangga perawat di Kota Kediri. Perawat wanita yang selain menjadi tenaga kesehatan, juga sebagai ibu pada keluarga masing-masing mempunyai karakteristik yang beragam. Keragaman tersebut akan menyebabkan perbedaan tiap rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan gizi bagi keluarganya. Hal tersebut juga akan menyebabkan terjadinya perbedaan permintaan susu, sehingga akan menimbulkan perbedaan pola konsumsi susu pada tiap rumah tangga tersebut. Penelitian ini dilakukan pada 4-10 September pada RSK. Kusta dan 11 September – 2 Oktober pada RS. Baptis di Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah selain untuk mengetahui pola konsumsi susu (bubuk, cair dan kental manis) pada perawat, juga untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pola konsumsi susu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus untuk melihat faktor yang mempengaruhi pola konsumsi susu pada konsumen perawat. Alat bantu pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner (angket) yang tergolong kuesioner vi tertutup dan didalamnya diukur dengan menggunakan skala likert sebagai sumber data primer yang digunakan pada 94 responden yang berprofesi sebagai perawat bidang pelayanan yang terdiri dari 22 perawat dari RSK. Kusta dan 72 perawat dari RS. Baptis dan data perawat dari RSK. Kusta dan RS. Baptis sebagai sumber data sekunder. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pemilihan responden secara segaja dengan hanya mengambil perawat wanita yang masih dalam status menikah dan mengkonsumsi susu dalam satu bulan terakhir. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan regresi berganda. Pola konsumsi susu dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan jenis susu yang dikonsumsi yaitu pola konsumsi susu bubuk, susu cair dan susu kental manis. Pola konsumsi susu bubuk, responden lebih memilih merek Zee dengan memperhatikan pengadaan label halal serta pengaruh saran dari keluarga. Pola konsumsi susu cair responden lebih memilih merek Ultra dengan lebih memperhatikan kandungan susu serta pengaruh iklan lewat media sosial lebih berpengaruh dibandingkan variabel promosi lain. Pola konsumsi susu kental manis responden lebih memilih merek Indomilk dengan memperhatikan label halal serta pengaruh iklan media sosial dan elektronik. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, faktor-faktor yang mempengaruhi biaya konsumsi susu dari 94 rumah tangga perawat antara lain “harga, produk dan lokasi”, “produk”, “promosi”, tingkat pendapatan dan “word of mouth” dalam satu bulan dengan nilai R2 sebesar 0,689 atau 68,9%. Saran yang dapat diberikan pada produsen untuk meningkatkan konsumsi susu konsumen adalah dengan melihat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pola konsumsi susu konsumen baik pada susu bubuk, susu cair dan susu kental manis seperti faktor “produk”, “harga, produk dan lokasi”, “word of mouth” dan “promosi”.

English Abstract

The purposed of this research was to studied about milk consumption pattern in nurse households and analysed factors that effecting milk consumption pattern itself. The data used were primary and secondary data. The method used was survey with structured questionnaire to get primary data, for secondary data was gathered from each hospital. Data were analyzed by using descriptive analysis, factor analysis and continued by multiple regresion analysis. Results showed that in the nurse households based on their consumption pattern of powder milk were mostly choose Zee brand (35.07%), regards on halal labels and family advice. Based on liquid milk consumption pattern were mostly choose Ultra brand (37.50%), regards on milk contains and social advertisement. While in sweetened condensed milk pattern were mostly choose Indomilk brand (61.37%), regards on halal label and electronic advertisement. It also has 68.9% in R2 value with affecting factors were family income, food cost, numbers of family member, “product”, “price, product and location”, “word of mouth” and “promotion”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/32/051801563
Uncontrolled Keywords: Milk consumption pattern, nurse households
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.37 Dairy and related products
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 May 2018 01:07
Last Modified: 22 Oct 2021 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10667
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item