Pemaknaan Audiens Perempuan atas Konsep Kecantikan dalam “Akun Cantik” Instagram (Analisis Resepsi pada Followers Perempuan Akun @bidadarium)

Charunia, Maria Intan (2018) Pemaknaan Audiens Perempuan atas Konsep Kecantikan dalam “Akun Cantik” Instagram (Analisis Resepsi pada Followers Perempuan Akun @bidadarium). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena kemunculan “akun cantik” kini bukan menjadi hal baru lagi. “Akun cantik” merupakan akun Instagram yang berisi foto-foto mahasiswi cantik dari berbagai universitas di Indonesia. Akun @bidadarium merupakan salah satu “akun cantik” yang cukup populer di Malang. Akun tersebut dikelola oleh admin laki-laki dan diikuti oleh berbagai kalangan dari laki-laki hingga perempuan. Pemaknaan audiens terhadap konten media selalu beragam. Perempuan cenderung membandingkan diri mereka dengan perempuan lain karena menganggap hal tersebut sebagai sebuah kompetisi untuk menjadi yang paling cantik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan followers perempuan atas konsep kecantikan dalam akun Instagram @bidadarium. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis resepsi Klaus Bruhn Jensen dengan memakai teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi data. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada admin serta diskusi FGD (Focus Group Discussion) dengan followers perempuan akun @bidadarium. Selanjutnya dilakukan interpretasi terhadap hasil analisis encoding dan decoding agar dapat ditarik kesimpulan untuk mengetahui hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah “akun cantik” @bidadarium dimaknai sebagai akun yang bertujuan untuk menunjukkan keberadaan perempuan cantik di Universitas Negeri Malang. Tampil dalam akun tersebut merupakan suatu kebanggaan atau prestise bagi mahasiswi UM. Followers juga dapat bertindak sebagai produsen sekaligus konsumen dari makna kecantikan dengan admin sebagai gatekeeper.

English Abstract

The birth of “beauty account” is not a new thing. “Beauty account” is an Instagram account that posted photos of beautiful girl from many University in Indonesia. One of “beauty account” that famous in Malang is @bidadarium. This account is managed by a boy and also followed by boys. But there are many girls that follow this account. There is a diversity in defining the meaning of media content. Girls always compare herself with each other because they are take it as a beauty competition.The purpose of this research is to know the meaning of beauty concept by female followers of @bidadarium. This qualitative research used Klaus Bruhn Jensen‟s reception analysis using data analysis technique that consists of data collection, data analysis, and data interpretation. Data collection was done by conducting interview with the administrator and focus group discussion (FGD) with female followers of @bidadarium. The last step was to interpreting the analysis of decoding and encoding in order to drawn conclusions to find out the results of this research. The results showed that @bidadarium is an Instagram account that posted photos of beautiful girls in University of Malang. Appear in this account is a pride for girls. Not only consuming, followers also producing the meaning of beauty but its filtered first by the administrator as a gatekeeper.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/197/051803597
Uncontrolled Keywords: Akun Cantik”, @bidadarium, Konsep Kecantikan, Analisis Resepsi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 May 2018 06:42
Last Modified: 21 Oct 2021 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10581
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item