Pengaruh Bahan Pengikat Kappa Karagenan Dengan Konsentrasi Berbeda Dalam Pembuatan Tablet Tepung Sargasum Sp Terhadap Uji Sifat Fisik Sediaan Tablet

Yazid, Ahmad Sholahuddin (2018) Pengaruh Bahan Pengikat Kappa Karagenan Dengan Konsentrasi Berbeda Dalam Pembuatan Tablet Tepung Sargasum Sp Terhadap Uji Sifat Fisik Sediaan Tablet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tablet adalah sediaan padat yang mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan pengisi. Komposisi dalam pembuatan tablet adalah bahan tambahan dan bahan yang mengandung zat aktif. Selain menggunakan zak aktif, dalam pembuatan tablet diperlukan bahan- bahan tambahan yaitu bahan pengisi, pengikat, penghancur, pelicin dan pewarna. Bahan tambahan memegang peranan penting dalam pembuatan tablet, diantaranya bahan pengikat. Bahan pengikat Kappa Karagenan merupakan agen pembentuk gel yang lebih kuat dibandingkan iota karagenan, sedangkan lamda karagenan tidak bersifat agen pembentuk gel. Karagenan umumnya dianggap sebagai bahan yang relatif tidak beracun dan tidak menyebabkan iritasi bila digunakan dalam formulasi farmasi nonparamental. Secara umum, rumput laut Sargassum sp. belum banyak dikenal dan dimanfaatkan. Padahal dari bebrapa penelitian, dilaporkan bahwa ini mempunyai kandungan nutrisi/ zat gizi cukup tinggi, seperti protein dan beberapa mineral esensial, hanya saja analisis komposisi nutrisinya masih belum lengkap Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan kappa karagenan sebagai bahan pengikat dalam tablet Sargasum sp. terhadap Uji Sifat Fisik Sediaan Tablet. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 – Juli 2017. Sampel yang digunakan adalah tepung Sargassum sp. Preparasi sampel dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Biokimia Ikan Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang. Proses pembuatan tablet dilakukan di laboratorium Solida Fakultas Farmasi Universitas Muhamadiyah Malang. Proses uji fisik tablet dilakukan di Akademi Analisis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, pertama proses pembuatan tablet, dan yang kedua pengujian sifat fisik tablet. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan tiga perlakuan konsentrasi 0,25g, 0,75g, 1,5g. Apabila dari hasil perhitungan didapatkan perbedaan yang nyata (F hitung > F tabel 5%) maka dilanjutkan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) untuk menentukan yang terbaik. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari ketiga perlakuan A dengan konsentrasi kappa keragenan 0,25% ,B dengan konsentrasi kappa keragenan 0,75%, dan C dengan konsentrasi kappa keragenan 1,5% terdapat perbedaan yang nyata pada uji kekerasan tablet dan uji waktu hancur tablet, sedangkan perbedaan tidak nyata terdapat pada uji keseragaman bobot dan ukuran. Hasil dari ketiga sampel telah memenuhi standart yang telah ditetapkan oleh farmakope Indonesia. Saran yang dapat diberikan pada penelitian selanjutnya adalah diharapkan untuk dilakukan pengujian fisik granul yang lebih lengkap dan dilakukan pengujian organoleptik agar mendapatkan hasil bentuk fisik tablet yang maksimal dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh farmakope indonesia.

English Abstract

Tablets are solid preparations containing medicinal ingredients with or without fillers. Compositions in the preparation of tablets are additives and substances containing active substances. In addition to using active zak, in the manufacture of tablets required additional ingredients such as fillers, binders, crushers, lubricants and dyes.Additional material plays an important role in the manufacture of tablets, including binders. Kappa binder Caragenan is a gel-forming agent that is stronger than carrageenan aqueous, while lamda carrageenan is not a gel-forming agent. Carrageenan is generally regarded as a relatively non-toxic material and does not cause irritation when used in nonparamental pharmaceutical formulations. The purpose of this study was to determine the effectiveness of kappa karagenan as a binding agent in tablet Sargasum sp. on Physical Properties Test of Tablet Preparation. The method used in this research is the experimental method. This study was conducted in two stages, first the process of making tablets, and the second testing the physical properties of tablets. The experimental design used in this study was a Completely Randomized Design (RAL) with three treatment concentrations of 0.25g, 0.75g, 1.5g. If the calculation results obtained a significant difference (F arithmetic> F table 5%) then continued the Test of Real Differences (BNT) to determine the best. The result of this research can be concluded that from the third treatment A with the concentration kappa keragenan 0,25%, B with the concentration kappa keragenan 0,75%, and C with kappa concentration of keragenan 1,5% there is real difference in tablet hardness test and test of crushed tablet time, whereas the difference is not evident in uniform weight and size test. The results of the three samples have met the standards set by the Indonesian pharmacopoeia. Suggestion that can be given in subsequent r esearch is expected to do more complete physical test of granule and done organoleptik test in order to get result of maximal physical tablet shape and in accordance with requirement set by pharmacopoeia indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/51/051801923
Uncontrolled Keywords: Tablet, Sargassum sp., Kappa Karagenan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.8 Algae / Algae culture / Microalgae--Cultures and culture media > 579.88 Phaeophyta (Brown algae) > 579.888 Sargassum
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 May 2018 08:11
Last Modified: 24 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10361
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (895kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP LAPORAN SKRIPSI- AHMAD SHOLAHUDDIN YAZID -135080301111159-THP.pdf]
Preview
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP LAPORAN SKRIPSI- AHMAD SHOLAHUDDIN YAZID -135080301111159-THP.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of IDENTITAS TI M PENGUJI.pdf]
Preview
Text
IDENTITAS TI M PENGUJI.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of UCAPAN TERIMAKASIH.pdf]
Preview
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (86kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item