Mayasari, Putri (2018) Implementasi Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Batu yang merupakan salah satu kota yang memiliki panorama alam indah berupa bukit-bukit maupun pegunungan ini dapat menggali potensi melalui objek wisata yang dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Daerah Kota Batu diharapkan lebih mampu untuk mengelola serta menggali potensi-potensi sumber keuangan dan menggunakannya untuk membiayai pembangunan daerah dengan memberlakukan Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 10 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 10 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum yang menjadi subjek adalah orang pribadi atau badan yang menggunakan tempat parkir di tepi jalan umum yang disediakan oleh pemerintah daerah Kota Batu. Objek dari retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum adalah penyediaan pelayanan parkir di tepi jalan umum yang di tentukan oleh pemerintah daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi dan faktor yang menghambat Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 10 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini mengadopsi dari teori George C. Edward III dengan pengumpulan data yang melalui teknik wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Miles, Huberman, dan Saldana dan menggunakan teknik triangulasi untuk keabsahan data. Ditinjau dari teori implementasi kebijakan Edward III, hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Daerah Kota Batu No 10 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum di Kota Batu belum berjalan sesuai yang diharapkan. Hal ini terlihat dari komunikasi belum maksimal, sumber daya yang kurang, disposisi atau sikap pelaksana yang kurang mendukung terhadap isi kebijakan. Selain itu juga terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya sumber daya manusia dan saran prasarana serta sikap pelaksana kebijakan khususnya juru parkir yang tidak mendukung isi kebijakan. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti yaitu penambahan personil (staff) pada Dinas Perhubungan seksi perparkiran sebanyak 3 (tiga) orang agar pengawasan yang dilakukan lebih efektif dan memberi pos pantau pada setiap 5 titik parkir untuk lebih efektif dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan parkir.
English Abstract
Batu City is one of the city that has beautiful natural scenery in the form of hills and mountains that can explore the potential through tourist attraction that can attract many tourists to visit. Batu Muncipal Government are expected to be better able to manage and explore the potential sources of finance and use it to finance regional development by enacting Regional Regulation Implementation Of Batu City No 10 Year 2010 Concerning Parking Service Levy On The Public Road. Based on Regional Regulation No 10 Year 2010 which is the subject is an individual or an entity that using public roads provided by Batu government. The object of a public road parking service levis is the provision of public road parking services specified by the local government accordance to the laws and regulations This research aimed to describe and analyze the implementation of knowing, describing and analyzing of the implementation and inhibiting factor of Regional Regulation No. 10 of 2010. This research is descriptive research by using qualitative approach. The Focus in this research is adopt from George C. Edward III theory. Data was collected through interview, observation, and documentation. Data Analysis that was used in interactive analysis model by Miles, Huberman and Saldana. Analyzed by theory of policy implementation Edward III, the results of the research indicate that the implementation of Regional Regulation No. 10 of 2010 in Batu City have not yet implemented as expected. This can be seen from the communication still not maximized, the unfulfilled resources, attitude of the implementer who are less supportive of he content of the policy, In addition, there are also inhibiting factors that are lack of human resources and infrastructure advice and policy implementers attitude, especially parking attendants who do not support the content of the policy. The suggestion could be given by the reasearcher is the addition of personel at parking section for 3 people for more effective supervision and give monitor post at every 5 parking point to be more effective in conducting supervision on parking activity.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/148/051803231 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Retribusi Parkir |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.34 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 07 May 2018 02:33 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10270 |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (94kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (138kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (344kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (208kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (206kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |