Korelasi Faktor Psikolinguistik Dengan Keterampilan Membaca Dan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas Xi Bahasa Smak Cor Jesu Malang

Palupi, CiciliaTrapsiwiResti (2015) Korelasi Faktor Psikolinguistik Dengan Keterampilan Membaca Dan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas Xi Bahasa Smak Cor Jesu Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mempelajari bahasa asing tidak terlepas dari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Begitu juga dalam mempelajari bahasa Prancis sebagai bahasa asing bagi siswa kelas XI Bahasa SMAK Cor Jesu Malang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan, untuk: 1) mengetahui keterampilan membaca dan menulis siswa kelas XI Bahasa SMAK Cor Jesu Malang. 2) mengetahui faktor-faktor psikolinguistik apa yang mempengaruhi siswa dalam mempelajari bahasa Prancis. 3) mengetahui bentuk korelasi antara faktor psikolinguistik dengan keterampilan membaca dan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tidak murni, yaitu gabungan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis data dan mendeskripsikan hasil korelasi yang dihitung menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor psikolinguistik yang dialami oleh siswa memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca dan menulis bahasa Prancis. Hal tersebut terbukti dengan hasil korelasi antara variabel faktor psikolinguistik dengan variabel keterampilan membaca dan menulis siswa. Hasil korelasi tersebut menyatakan bahwa variabel faktor psikolinguistik memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel keterampilan membaca dengan nilai korelasi sebesar 0,762 dan nilai signifikan antara variabel faktor psikolignuistik dengan variabel keterampilan menulis sebesar 0,789. Pengajar juga memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran bahasa Prancis sebagai bahasa asing. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti lebih dalam mengenai faktor-faktor psikolinguistik yang mempengaruhi dalam pembelajaran bahasa Prancis dengan melakukan observasi. Selain itu, peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan penelitian korelasi dengan objek penelitian keterampilan berbicara dan mendengarkan dengan faktor psikolinguistik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/48/051501361
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Feb 2015 15:41
Last Modified: 18 Oct 2021 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101686
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABStrak_prancis.pdf]
Preview
Text
ABStrak_prancis.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_pisah.pdf]
Preview
Text
BAB_I_pisah.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_pisah_(Autosaved).pdf]
Preview
Text
BAB_II_pisah_(Autosaved).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_pisah.pdf]
Preview
Text
BAB_III_pisah.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item