Priwingsatiningrum, Shahnaz (2015) Korelasi Antara Kesalahan Fonetis Dan Fonologis Bahasa Perancis Dengan Skor Angket Mini-AMTB Pada Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Perancis Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengucapan standar suatu bahasa, terlebih bahasa asing, adalah hal yang vital untuk menghasilkan komunikasi lisan yang terbebas dari hambatan ketidakpahaman. Hambatan ini dialami oleh pembelajar bahasa asing karena adanya interferensi fonologis bahasa ibu. Berdasarkan hal ini, penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui apa sajakah (1) kesalahan fonetis dan fonologis pada variabel bunyi vokal dan semi vokal, (2) jenis interferensi fonologis, (3) skor motivasi, sikap bahasa, dan keintegrasian, dan (4) korelasi skor motivasi, sikap bahasa, dan keintegrasian tersebut dengan kesalahan fonetis dan fonologis yang dilakukan oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Perancis Universitas Brawijaya tahun 2013. Sesuai dengan tujuannya, studi ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan korelasional, serta metode penelitian campuran untuk memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh. Hasil studi menunjukan bahwa terdapat perubahan standar dialek Parisien: vokal [ɑ] menjadi [a], [ɔ] menjadi [o], vokal nasal menjadi vokal + konsonan nasal. Kesalahan partisipan disebabkan oleh dua dari empat gejala interferensi Weinreich (1968): (1) pembedaan fonem yang berkekurangan dan (2) penggantian bunyi, di mana partisipan kesulitan membedakan pasangan bunyi yang ada di B2. Penyebab lainnya adalah faktor psikologis memori, terutama dalam membedakan kata yang mengandung bunyi [y] dan [u], lalu [ε] dan [e]. Skor AMTB partisipan memiliki korelasi yang kuat dengan kesalahan atau keberhasilan partisipan dan berpengaruh sebesar 45,5% Berdasarkan kesimpulan, pengajar sebaiknya memanfaatkan teknologi untuk menumbuhkan kesadaran pengucapan, baik melalui video dengan tabel IPA dan evaluasi diri menggunakan Praat. Selanjutnya, pengajar sebaiknya mengurangi kecemasan dalam kelas, dengan mengaplikasikan tahap-tahap pembangkit motivasi pembelajar yang telah disusun oleh Dornyei et Guilloteaux (2008) dalam studinya, serta memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Kemudian, penulis juga menyarankan pada peneliti selanjutnya untuk mengambil sudut pandang fonetik dan psikolinguistik yang lain, yaitu menguji coba pemahaman partisipan atau persepsi ujaran/tuturan dengan menggunakan corpus yang sama.
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/349/051506479 |
Uncontrolled Keywords: | Fonologi, analisis kontrastif, analisis korelasional, mini-AMTB |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Sep 2015 14:24 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 03:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101541 |
Preview |
Text
Cover.docx.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Isi.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Gambar.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Tabel.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Kata_Pengantar.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Pernyataan_Keaslian.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman_Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_I.pdf Download (2MB) | Preview |
Text
Bab_II.pdf Download (423kB) |
|
Preview |
Text
Bab_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Text
Bab_IV.pdf Download (2MB) |
|
Preview |
Text
Bab_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |