Speech Strategies Used by Mario Teguh in Mario Teguh Golden Ways

Maharani, IrreneDevy (2012) Speech Strategies Used by Mario Teguh in Mario Teguh Golden Ways. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi adalah salah satu aktivitas manusia untuk berinteraksi dengan sesamanya. Ilmu berbicara publik sebagai salah satu bentuk komunikasi dimana ide dapat disampaikan tidak hanya dari satu individu ke individu yang lain tetapi juga dari satu orang ke kalangan umum. Karena tujuannya adalah menyampaikan ide ke kalangan umum, maka cara berbicara harus ditata dengan baik. Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk pembicara publik dalam cara berbicaranya. Studi ini dituukan untuk menyelidiki strategi berbicara yang digunakan oleh Mario Teguh sebagai pembicara publik terkenal ketika menyampaikan motivasi lewat program televisi Mario Teguh Golden Ways. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam studi ini adalah strategi berbicara yang digunakan dan juga strategi yang paling sering muncul yang digunakan Mario Teguh dalam Mario Teguh Golden Ways. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai analisis dokumen karena obyek dari studi ini adalah teks tertulis dari ujaran Mario Teguh ketika memberikan motivasi yang berjudul “Ujian, Siapa Takut”. Data dari studi ini adalah ujaran Mario Teguh yang mengandung strategi berbicara yang diajukan oleh Beebe dan Beebe (2005) dan Neale dan Ely (2007). Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi berbicara yang digunakan Mario Teguh adalah Metafor untuk menciptakan gambaran kiasan; Elipsis, Suspensi, Pertanyaan retorika, dan Inversi untuk mengkreasikan drama dalam berbicara; Repetisi, Paralelisme, Antitesis, penggunaan tiga rangkaian kata berirama, dan Aliterasi untuk menciptakan irama. Melihat dari frekuensi dari kemunculan tiap strategi dapat ditemukan bahwa Metafor adalah strategi yang paling sering digunakan untuk menciptakan gambaran kiasan. Dalam mengkreasikan drama, Elipsis adalah strategi yang paling sering digunakan. Sedangkan untuk mengkreasikan irama, paling sering digunakan adalah Repetisi. Selain itu, dari ujaran Mario Teguh terdapat kombinasi dari beberapa strategi yang digunakan oleh Mario Teguh. Itu menunjukkan bahwa pengkombinasian dari beberapa strategi dapat digunakan untuk menarik perhatian pendengar. Bagi peneliti yang tertarik meneliti strategi berbicara Mario Teguh, disarankan untuk mengambil topik lain dan juga menggunakan teori yang lain untuk menggali lebih dalam strategi berbicara yang digunakan Mario Teguh. Peneliti juga disarankan untuk meneliti pembicara publik lain untuk mengetahui perbedaan strategi berbicara yang digunakan dalam kegiatan berbicara di depan publik.

English Abstract

Communication is one of human activities in making interaction with others. Public speaking is one form of communication by which ideas can be delivered not only from person to person but also from person to public. As the purpose is delivering idea to public, the speech should be well structured. There are some strategies which are provided for a public speaker in his/ her speech. This study focuses on speech strategies used by Mario Teguh as a famous public speaker when he delivers motivation through Mario Teguh Golden Ways TV program. This study is aimed at investigating the speech strategies used and the highest occurrence of speech strategies used by Mario Teguh in Mario Teguh Golden Ways . This study applies qualitative approach employing document analysis since the object of this study is the written text of the utterances produced by Mario Teguh when giving motivation entitled " Ujian, Siapa Takut ". The data in this study are the utterances which are produced by Mario Teguh which contain speech strategies proposed by Beebe and Beebe (2005) and Neale and Ely (2007). This study reveals that the speech strategies which are used by Mario Teguh are Metaphor to create figurative image; Ommision, Suspension, Rhetoric question, and Inversion to create drama in speech; Repetition, Parallelism, Antithesis, Rhythmic triads, and also Alliteration to create cadence in speech. Looking at the frequency of the occurence, it is found that Metaphor is the most frequent strategy and the only one strategy in creating figurative image. In creating drama, Ommision occurs more frequent than others. In order to create cadance, Repetition is used more frequent than the others. In addition, there are combinations of some strategies used by Mario Teguh found in his utterances. It shows that the combination of some strategies can be used to attract the listener. For next researchers who are interested in exploring speech strategy of Mario Teguh more seriously, it is recommended to take other topics and also use other theoretical framework in digging up Mario Teguh’s speech strategy. The next researchers are also suggested to take some other public speakers in order to recognize different types of speech strategy used in public speaking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2012/28/051201164
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2012 09:14
Last Modified: 18 Oct 2021 05:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100469
[thumbnail of Appendix_3.pdf]
Preview
Text
Appendix_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Appendix_2.pdf]
Preview
Text
Appendix_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_I.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_IV.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_III.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_II_.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_II_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CHAPTER_V.pdf]
Preview
Text
CHAPTER_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Appendix_1.pdf]
Preview
Text
Appendix_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Acknowledgements.pdf]
Preview
Text
Acknowledgements.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item