Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Pada Pusat Perbelanjaan (Survei Pada Konsumen Matahari Department Store Cabang Matos)

Yulianto, HendroEko (2013) Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Pada Pusat Perbelanjaan (Survei Pada Konsumen Matahari Department Store Cabang Matos). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perekonomian yang semakin pesat mendorong semakin tingginya tingkat konsumsi masyarakat akan suatu produk. Industri yang banyak berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat adalah industri ritel. Industri ritel banyak berkembang di wilayah perkotaan yang didukung dengan pertumbuhan pusat perbelanjaan sebagai wadah berdirinya industri ritel. Strategi Retail Marketing Mix merupakan strategi yang banyak dilakukan oleh para peritel untuk menarik konsumen. Perilaku konsumen pada pengunjung gerai ritel menjadi perhatian tersendiri bagi para peritel karena seringkali pengunjung melakukan pembelian secara spontan atau tidak terencana. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Retail Marketing Mix yang terdiri dari lokasi, merchandise, pricing, periklanan dan promosi, atmosfer dalam gerai, dan retail service terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada pusat perbelanjaan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yang mana menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar kepada 100 responden yang merupakan konsumen Matahari Department Store Cabang Matos. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 19.0 for windows. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda digunakan karena penelitian ini lebih dari dua variabel, dengan menggunakan uji F, uji t, dan uji R 2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keenam variabel Retail Mareting Mix yaitu lokasi, merchandise, pricing, periklanan dan promosi, atmosfer dalam gerai, dan retail service secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada Matahari Department Store Cabang Matos. Dari perhitungan SPSS 19.0 untuk uji F diketahui bahwa F hitung = 5,606 > F tabel 2,197679 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,5. Secara parsial diketahui hanya variabel periklanan dan promosi dan variabel atmosfer dalam gerai yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana. Selain uji F dan uji t, uji R 2 diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,273 yang berarti besarnya variabel independen terhadap variabel depanden sebesar 27,3%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/71/051301047
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Apr 2013 11:00
Last Modified: 18 Oct 2021 05:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100255
[thumbnail of 11._Contoh_Curriculum_Vitae.pdf]
Preview
Text
11._Contoh_Curriculum_Vitae.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12._Surat_Riset_Matahari.pdf]
Preview
Text
12._Surat_Riset_Matahari.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._Format_Cover_Skripsi.pdf]
Preview
Text
1._Format_Cover_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._Proposal.pdf]
Preview
Text
3._Proposal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
2._Daftar_Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._Hasil_Regresi_Linier_Berganda.pdf]
Preview
Text
10._Hasil_Regresi_Linier_Berganda.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._Hasil_dan_Pembahasan.pdf]
Preview
Text
4._Hasil_dan_Pembahasan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._Kuesioner.pdf]
Preview
Text
5._Kuesioner.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6._Rekapitulasi_Jawaban_Responden.pdf]
Preview
Text
6._Rekapitulasi_Jawaban_Responden.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7._Uji_Validitas.pdf]
Preview
Text
7._Uji_Validitas.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._Hasil_Distribusi_Frekuensi.pdf]
Preview
Text
8._Hasil_Distribusi_Frekuensi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9._Hasil_Uji_Asumsi_Klasik.pdf]
Preview
Text
9._Hasil_Uji_Asumsi_Klasik.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item