Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin Melalui JAMKESMAS (Jaminan Kesehatan Masyarakat) (Studi Pada Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi),

Pratiwi, Indy (2012) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin Melalui JAMKESMAS (Jaminan Kesehatan Masyarakat) (Studi Pada Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan kesehatan, dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sobo pada masyarakat miskin melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) serta kendala yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya masalah mengenai pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) seperti masalah kurangnya tenaga medis yang ada di Puskesmas Sobo yaitu yang hanya 18 tenaga medis, sehingga dibutuhkan peran Dinas Kesehatan untuk ikut serta dalam menyediakan tenaga medis tambahan agar pelayanan kesehatan pada masyarakat miskin dapat terlayani secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview (wawancara), dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan Peneliti Sendiri melalui pengamatan, pencatatan dan wawancara; pedoman wawancara; catatan lapangan serta data penunjang berupa dokumen-dokumen. Dengan teori pelayanan publik dan New Public Service dari Denhardt and Denhardt, dapat menganalisis permasalahan kualitas pelayanan kesehatan melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) di Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi sesuai standar pelayanan publik pelayanan kesehatan yang berlaku di Puskesmas Sobo. Peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas Sobo ditunjukkan dengan banyaknya pasien yang merasa puas, contohnya banyaknya pasien yang cepat sembuh saat berobat di Puskesmas Sobo, karena kemampuan dan profesionalitas para tenaga medis yang semakin meningkat dan juga adanya obat generic yang berkualitas. Serta meningkatnya fasilitas di ruang tunggu di Puskesmas Sobo yang membuat pasien merasa nyaman. Saran yang diberikan adalah: sebaiknya dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, pihak Puskesmas ikut terlibat dalam upaya rehabilitative; Diharapkan pembinaan oleh Dinas Kesehatan dilakukan secara periodik dan berkesinambungan; Aparat pelaksana pelayanan dalam hal ini diharapkan dapat memberikan pelayanan dengan melihat pasien dari sisi New Public Service.

English Abstract

This research used descriptive-qualitative method, data collection techniques using interview, documentation and observation. The research instrument using researcher by observation, recording and interview, interview guides; field notes and supporting data like as documents. The issue quality health service trough the People Health Insurance (Jamkesmas) in Sobo people health center’s in the regency of Banyuwangi can be analyzed by theory of public service and New Public Service from Denhardt and Denhardt. Results of the research showed that the implementation of health services in Sobo people health center’s in the regency of Banyuwangi has been standard of public health in Sobo People Health Center’s. The improvement quality of health service shown with more satisfied patient, for example many patient treated at Sobo people health center’s recovered quickly, because of increased skill and professionalism of medical personnel, and the quality generic medicine available. As well as increasing facilities in the waiting room at Sobo people health center’s that makes patient comfortable. The advice given, are: people health center should be involved in the rehabilitation of patients on the implementation of health services for poor people, Health Office are expected to training periodically and continuously; officers are expected to serve the patients from the side of the New Public Service

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2012/643/051302024
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Apr 2013 14:54
Last Modified: 17 Oct 2021 15:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100051
[thumbnail of 1_Pembuka.pdf]
Preview
Text
1_Pembuka.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2_Isi.pdf]
Preview
Text
2_Isi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item