Nilai Utilitas Dan Nilai Hedonis Yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan SertaDampaknya Pada Niat Pembelian Ulang (Survey Onlline Pada Pembeli Produk Fashion E-Commerce Berrybenka Di Indonesia)

Johar, Diah Syafita (2018) Nilai Utilitas Dan Nilai Hedonis Yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan SertaDampaknya Pada Niat Pembelian Ulang (Survey Onlline Pada Pembeli Produk Fashion E-Commerce Berrybenka Di Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh nilai utilitas terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap niat pembelian ulang, untuk menjelaskan pengaruh nilai hedonis terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap niat pembelian ulang, untuk mengetahui pengaruh nilai utilitas terhadap niat pembelian ulang dan nilai hedonis terhadap niat pembelian ulang Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori nilai pelanggan sebagai dasar dari variabel nilai hedonis dan nilai utilitas yang merupakan nilainilai yang memotivasi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan, teori kedua adalah kepuasan pelanggan, dan teori ketiga adalah niat pembelian ulang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian explanatory research atau penelitian penjelasan, dengan sampel sebanyak 141 orang dengan populasi yang tidak diketahui jumlahnya. Hasil perhitungan sampel didapatkan dari perhitungan menggunakan rumus Machin&Champbell. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Model (SEM) Hasil yang didapatkan melalui analisis yang telah dilakukan adalah nilai utilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 58,5%. Nilai hedonis berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 34,9%. Nilai utilitas berpengaruh secara tidak signifikan terhadap niat pembelian ulang sebesar 0,16%. Nilai hedonis berpengaruh secara tidak signifikan terhadap niat pembelian ulang sebesar 0,92%. Kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian ulang sebesar 86,9%. Sehingga kesimpulan yang didapatkan adalah nilai utilitas dan nilai hedonis berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian ulang bila melalui kepuasan pelanggan, dan berpengaruh secara tidak signifikan apabila tidak melalui kepuasan pelanggan.

English Abstract

This research aim to describe the influence of utility value towards customer satisfaction, and the impact of repurchase intention, to describe the influence of hedonic value towards customer satisfaction and the impact of repurcahse intention, to analyse the impact of utilitarian value towards repurchase intention and hedonic value towards repurchase intention. Theory has been use in this research are customer value as a based theory of hedonic adn utilitarian value variable, which is values that motivate customer for fulfill the needs, second theory is customer satisfaction and the third is repurchase intention. Research methode has been used in this research is explanatory research, with 141 people with unknown population. Machin and Champbell formula are used to calculate number of sample. Data analysis in this research is structural equation model (SEM). The result are utilitarian value has an impact significantly towards customer satisfaction as 58,5%. Hedonic value has an impact significantly towards customer satisfaction as 34,9%. Utilitarian value has an unsignificantly impact towards repurchase intention as 0,16%. Hedonic value has an unsignificantly impact towards repurchase intention as 0,92%. Customer satisfaction has an significantly impact towards repurchase intention as 86,9%. The conclusion is utilitarian and hedonic value has an significantly impact towards repurchase intention through customer satisfact

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/JOH/n/2018/041802688
Uncontrolled Keywords: CONSUMER'S PREFERENCES, HEDONISM, CONSUMER SATISFACTION
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:21
Last Modified: 22 Oct 2021 01:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10000
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
Text
Tesis.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item