Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Penjualan Tiket Online

Murdiono, Rizky Ashar (2017) Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Penjualan Tiket Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi mobile ticketing adalah suatu terobosan dari instansi transportasi maupun ecommerce untuk mempermudah dan mempermudah akses pengguna transportasi yang ingin melakukan transaksi tanpa harus datang ke tempat pelayanan tiket. Dalam penggunaan aplikasi mobile-ticketing, seringkali beberapa aplikasi tidak menggunakan tool yang sesuai, seperti fitur yang ditawarkan tidak bergungsi dengan baik, informasi tambahan seperti airport tax, dan informasi bagasi terkadang tidak tercantum di beberapa aplikasi mobile-ticketing, hal itu menjadi pertimbangan untuk pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile-ticketing. Aplikasi mobile-ticketing yang dievaluasi adalah Traveloka, Tiket.com, pegi-pegi, skyscanner, indonesia flight. parameter yang dievaluasi adalah usefullness, usability, dan desireability, data yang digunakan untuk evaluasi subjektif adalah 20 pengguna aplikasi mobileticketing traveloka dan 20 pengguna tiket.com. parameter yang dievaluasi adalah task completed, error during task performance, time per completed task, dan number of clicks, data yang digunakan untuk evaluasi objektif adalah 5 pengguna mobile-ticketing traveloka, dan 5 pengguna tiket.com. Pada evaluasi subjektif, nilai dari parameter usefulness, usability, dan desireability diakumulasi, dari hasil akumulasi, Mobile–Ticketing Traveloka mempunyai nilai tertinggi dibandingkan dengan tiket.com. Berdasarkan hasil evaluasi objektif dari parameter task completed dan error during task performance, dapat disimpulkan bahwa kedua aplikasi sudah efektif untuk digunakan, tidak ditemukan kesalahan saat menggunakan aplikasi, dan semua tugas berjalan dengan baik. Untuk tingkat efisien, nilai global geo mean parameter time per completed task dan number of clicks during task completion diakumulasi. Berdasarkan hasil evaluasi, aplikasi mobile-ticketing Traveloka mempunyai waktu terpendek dan jumlah klik yang cukup, sehingga bisa disimpulkan bahwa aplikasi mobile ticketing Traveloka lebih efisien digunakan dibandingkan dengan aplikasi tiket.com.

English Abstract

The application of mobile ticketing is a breakthrough from the transport and ecommerce agencies to facilitate the access of transportation users who want to make transactions without having to come to the ticket service. In the use of mobile-ticketing applications, some applications do not use the appropriate tools, such as the features offered are not functioning properly, additional information such as airport taxes, and goods information is not present in some mobile-ticketing applications, it is a consideration for users. Mobile-ticketing apps that has been evaluated are Traveloka, Tiket.com, pegi-pegi, skyscanner, indonesia flight. Parameters evaluated were usefullness, usability, and desireability, the data used for subjective evaluation were 20 users of mobile-ticketing traveloka application and 20 users of Tiket.com. Parameters evaluated are task completed, error during task performance, time per completed task, and number of clicks, data used for objective evaluation are 5 mobile-ticketing traveloka users, and 5 users of Tiket.com. On subjective evaluation, the value of usefulness, usability, and desireability parameters is accumulated, from the accumulated result Mobile-Ticketing Traveloka has the highest value compared to Tiket.com. Based on the objective evaluation result of the parameters of task completed and error during task performance, it can be concluded that both applications have been effective application mobile-ticketing, all tasks run well. For an efficient level, the global value of geo mean parameters of time per completed task and number of clicks during task completion is accumulated. Based on the evaluation result, Traveloka mobile-ticketing application has the shortest time and sufficient number of clicks, so it can be concluded that Traveloka mobile ticketing application is more efficient to use compared to ticket.com application.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/741/051708554
Uncontrolled Keywords: Mobile-ticketing, User Experience, Traveloka, Tiket.com, Quick UX
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:39
Last Modified: 11 Sep 2020 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3102
[thumbnail of Rizky Ashar Murdiono.pdf]
Preview
Text
Rizky Ashar Murdiono.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item