Analisis SWOT Berbasis Lima Elemen Sun Tzu Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Rokok,

Yuswara, SatriaDanuRachmat (2015) Analisis SWOT Berbasis Lima Elemen Sun Tzu Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Rokok,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PR Adi Bungsu merupakan salah satu perusahaan rokok yang memiliki dua lini produksi, yaitu SKT (Sigaret Kretek Tangan) dan SKM (Sigaret Kretek mesin). PR Adi Bungsu telah melakukan banyak upaya untuk menjaga eksistensi perusahaan dan demi meningkatkan volume penjualan, namun perusahaan masih mengalami permasalahan terutama dalam bidang pemasaran. Hal ini terbukti bahwa masih banyak masyarakat di Malang yang belum mengenal produk rokok PR Adi Bungsu karena dapat dilihat pada data historis produk rokok PR Adi Bungsu lebih banyak didistribusikan ke luar Pulau Jawa. Pendekatan yang digunakan dalam merumuskan strategi pemasaran dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan internal dan mengantisipasi peluang dan ancaman eksternal yaitu dengan menggunakan analisis SWOT, seni perang Sun Tzu dan matriks perencanaan strategi kuantitatif (QSPM). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi Sun Tzu’s Five Key Elements, analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal PR Adi Bungsu dan menentukan posisi persaingan perusahaan melalui kuadran SWOT. Seni perang Sun Tzu digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran berdasarkan Sun Tzu’s Stratagems sesuai dengan posisi perusahaan berdasarkan kuadran SWOT. Setelah dirumuskan strategi-strategi pemasaran berdasarkan Sun Tzu’s Stratagems, selanjutnya adalah tahap pemilihan strategi yang yang dipilih berdasarkan attractiveness score terbesar dari tiap strategi terhadap faktor lingkungan eksternal dan internal menggunakan matriks perencanaan strategi kuantitatif (QSPM). Hasil analisis menunjukkan berdasarkan dari analisis faktor eksternal dapat diidentifikasi elemen ground, climate dan method dari seni perang Sun Tzu termasuk ke dalam faktor lingkungan eksternal dan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi elemen mission, leadership dan method dari seni perang Sun Tzu termasuk ke dalam faktor lingkungan internal. Pada analisis kuadran SWOT dapat diketahui posisi persaingan perusahaan berada pada kuadran III. Pada kuadran III strategi yang disarankan adalah strategi turn around, hal ini disebabkan perusahaan menghadapi peluang pasar yang besar, tetapi di lain pihak, perusahaan menghadapi beberappa kendala/kelemahan internal sehingga peluang yang besar tersebut sulit dicapai. Pada analisis seni perang Sun Tzu, dari 36 strategi yang terdapat pada Sun Tzu’s Stratagems terpilih tiga strategi yang dapat digunakan perusahaan sebagai strategi pemasaran yaitu Beseige Wei to Rescue Zhao, Take the Opportunity to Pilfer a Goat dan Chain Stratagems. Pemilihan ketiga strategi tersebut berdasarkan kesesuaian strategi terhadap keadaan atau posisi perusahaan berdasarkan kuadran SWOT yang berada pada kuadran III. Selanjutnya adalah tahap pemilihan strategi menggunakan matriks perencanaan strategis kuantitatif (QSPM), strategi Chain Stratagems merupakan strategi yang terpilih dari kedua strategi lainnya karena strategi Chain Stratagems memiliki attractiveness score terbesar dibanding kedua strategi lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/864/051600655
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Feb 2016 09:26
Last Modified: 21 Oct 2021 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144024
[thumbnail of Kata_Pengantar+Daftar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar+Daftar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Orisinalitas.pdf]
Preview
Text
Lembar_Orisinalitas.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Analisis_SWOT_Berbasis_Lima_Elemen_Sun_Tzu_dalam_Menentukan_Strategi_Pemasaran_-__Satria_Danu_Rac.pdf]
Preview
Text
Analisis_SWOT_Berbasis_Lima_Elemen_Sun_Tzu_dalam_Menentukan_Strategi_Pemasaran_-__Satria_Danu_Rac.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Summary_Analisis_SWOT_Berbasis_Lima_Elemen_Sun_Tzu_dalam_Menentukan_Strategi_Pemasaran.pdf]
Preview
Text
Summary_Analisis_SWOT_Berbasis_Lima_Elemen_Sun_Tzu_dalam_Menentukan_Strategi_Pemasaran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_DINI_PUTRI_DAMAYANTI_115060700111003.PDF]
Preview
Other
SKRIPSI_DINI_PUTRI_DAMAYANTI_115060700111003.PDF

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item