Rizki, Ahmad Yusuf (2018) Rancang Bangun Sistem Pengereman Regeneratif Pada Mobil Listrik TEUB SEV. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hampir semua kalangan penduduk Indonesia sudah menggunakan kendaraan roda 4 berbahan bakar minyak untuk sarana transportasi dalam kota, kendaraan tersebut dapat digantikan dengan mobil listrik yang tentunya lebih ramah lingkungan. Kontur jalan, khususnya di Malang begitu banyak naik dan turun. Pada saat jalanan turun biasanya kita menggunakan sistem pengereman mekanik dengan kampas rem untuk mengubah energi kinetik pengereman menjadi energi panas. Sistem pengereman ini tidak efisien jika digunakan dalam mobil listrik karena mobil listrik dapat melakukan pengereman sendiri, maka diperlukan sistem pengereman tambahan yaitu sistem pengereman regeneratif. Sistem ini memanfaatkan tegangan balik pada motor BLDC saat pedal gas dilepas baik pada jalan menurun atau jalan yang datar. Tujuan akhir yang diharapkan dalam penelitian ini adalah dapat merencanakan dan merealisasikan alat yang mampu melakukan pengereman regeneratif pada mobil listrik. Sistem pengereman regeneratif membutuhkan mobil, mesin arus searah tanpa sikat, penyearah tiga fasa tak terkontrol, buck-boost converter, penyimpan energi supercapacitor, dan kontroler. Besar torsi pengereman pada mesin dipengaruhi oleh besar arus keluaran dari mesin tersebut. Sistem pengereman regeneratif ini dikendalikan dengan suatu mikrokontroler yang akan mengubah-ubah nilai dutycycle pada buck-boost converter agar nilai arus masukan buck-boost converter yang selalu berbanding lurus terhadap nilai arus keluaran mesin dapat berubah sesuai keinginan. Berdasarkan hasil pengujian statis didapatkan efisiensi maksimum pengereman ini pada tegangan sumber 10 V, set point arus 1 A dan mode boost converter sebesar 42%.
English Abstract
Almost all the population of Indonesia is already using a 4-wheel vehicle fuel oil for transportation within the city, this vehicle can be replaced with an electric car which certainly more environmentally friendly. Contours of the road, especially in Malang so much up and down. When way down, we usually use mechanical braking system to convert kinetic energy become heat energy with brake pad. This brake system is not efficient if used in electric car, because bldc machine can be operated as generator and perform braking, so it need additional braking system that is regenerative braking system. The system utilizes a reverse voltage on the BLDC motor when the gas pedal is released either on a descending or flat road. The ultimate goal of this research are planning and realization a tool that can do regenerative braking for electric car. Regenerative braking system requires a car, brushless direct current motor, 3-phase uncontrolled rectifier, buck - boost converter, storage energy, and controller. The value of braking torque on the machine is affected by the output current value from the machine. The regenerative braking system is controlled by a microcontroller which will variety the value of dutycycle in buck boost converter, so that the buck boost converter input current value that always directly proportional due to output current value of the machine , the output current value of the machine can be changed as desired. Based on static test results obtained maximum efficiency of this braking at 10 V source voltage, set point current 1 A and on boost converter mode. This efficiency is abaut 42%..
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/353/051804717 |
Uncontrolled Keywords: | Pengereman regeneratif, mesin arus searah tanpa sikat, penyearah, buck - boost converter, kontroler, supercapacitor, mobil. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.24 Chassis > 629.246 Brakes |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 03:33 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11785 |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Skripsi Habis Ujian Rev 1 Edit.pdf Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (18kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (584kB) | Preview |
Preview |
Text
9. Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (218kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |