Peran Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram terhadap Intensi Berkunjung Wisatawan (Studi pada Objek Wisata Alam Coban Talun)

Al Mubarok, Muhammad Nafi’ (2017) Peran Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram terhadap Intensi Berkunjung Wisatawan (Studi pada Objek Wisata Alam Coban Talun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran electronic word of mouth (eWOM) di media sosial Instagram terhadap intensi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata alam Coban Talun. Menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan melibatkan sampel sebanyak 96 responden yang dihimpun dari hasil penyebaran angket secara daring kepada masyarakat yang sebelumnya telah menerima informasi Coban Talun melalui media sosial Instagram. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala eWOM yang dibuat dengan mengacu pada dimensi yang dikemukakan oleh Hennig (2004) dan skala intensi dibuat berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Ajzen (2005). Menggunakan analisis regresi linier sederhana, penelitian ini menunjukkan besaran peran eWOM terhadap intensi berkunjung sebesar 51,3%. Hal ini membuktikan adanya peran eWOM terhadap intensi wisatawan untuk berkunjung.

English Abstract

The aim of study is to know the role of electronic word of mouth in social media Instagram against the intention of tourists to visit on natural tourism Coban Talun. Using a quantitative method involving a sample of 96 respondents who were collected from the results of the spread of online questionnaires to the community who had previously received information Coban Talun through social media Instagram. The instrument in this study uses an eWOM scale made with quotations on the dimensions proposed by Hennig (2004) and its mean scale is based on the theory proposed by Ajzen (2005). Using a simple linear regression analysis, this study shows that the role of eWOM for intention visit is 51.3%. This proves that there is a role of eWOM to the desire of tourists to visit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/74/051801747
Uncontrolled Keywords: Electronic word of mouth (eWOM), Intensi berkunjung, Coban Talun.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 May 2018 06:27
Last Modified: 16 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10125
[thumbnail of Nafi.pdf]
Preview
Text
Nafi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item