Pemaknaan Anggota Komunitas Terhadap Brand EIGER Sebagai Identitas Untuk Pendaki Gunung

Thab, Mohammad Alfian (2017) Pemaknaan Anggota Komunitas Terhadap Brand EIGER Sebagai Identitas Untuk Pendaki Gunung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Brand merupakan nama, istilah, tanda, simbol atau kombinasi dari segala hal yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau kelompok penjual dan untuk melakukan referensi dari barang atau jasa pesaing. Sebuah brand dapat mengeksrpesikan diri konsumen dan menunjukkan siapa mereka. Brand sebagai sarana konsumen untuk mengekspresikan diri mereka. Konsumen cenderung memilih jalan untuk mengekspresikan identitas mereka salah satunya yaitu lewat konsumsi sebuah brand. Penelitian ini menggali pemaknaan mengenai brand EIGER sebagai sebuah identitas untuk pendaki gunung. Untuk menggali fenomena terkait pemaknaan brand, terutama pemaknaan terhadap brand EIGER sebagai sebuah faktor identitas pendaki gunung peneliti melakukan studi pada komunitas pendaki gunung yang ada di kota Malang yaitu Komunitas Pendaki Gunung Malang Raya. Penelitian ini bertujuan menggali pemaknaan terhadap brand EIGER sebagai sebuah identitas untuk pendaki gunung oleh yaitu Komunitas Pendaki Gunung Malang Raya. Penelitian ini meggunakan metode model fenomenologi dengan pengumpulan data melalui observasi non-partisipan dan wawancara mendalam. Pemilihan informan menggunakan snowball sampling dengan menggunakan empat responden. Serta, teknik analisis data menggunakan teknik analisis data fenomenologi Van Kaam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan anggota Komunitas Pendaki Gunung Malang Raya terhadap EIGER sebagai brand untuk mendaki gunung berdasarkan pada tiga aspek yang didapatkan oleh mereka yaitu aspek pengalaman, fungsi, dan model. Berdasarkan hasil penelitian seseorang menggunakan produk-produk dari brand EIGER dapat memberikan sebuah identitas sebagai seseorang penyuka hobi pendakian gunung.

English Abstract

Brand is the name, term, sign, symbol or combination of all things intended to identify the seller's goods or services or the group of sellers and to reference the competitor's goods or services. A brand can self-expression consumers and show who they are. Brand as a means of consumers to express themselves. Consumers tend to choose a way to express their identity one of them is through the consumption of a brand. This study explores the significance of the EIGER brand as an identity for mountain climbers. To explore the phenomenon related to the meaning of brand, especially the meaning of EIGER brand as a factor of mountain climbers identity researchers conducted a study on mountain climbers community in the city of Malang, the Mountain Climbers Community Malang Raya. This study aims to explore the meaning of EIGER brand as an identity for mountaineers by the Mountaineering Community of Malang Raya. This research uses the method of phenomenology model with data collection through non-participant observation and in-depth interview. Selection of informants using snowball sampling using four respondents. As well, data analysis techniques using data analysis techniques Van Kaam phenomenology. The results of this study indicate that the meaning of members of the Mountain Climbing Community of Malang Raya to EIGER as a brand to climb the mountain based on three aspects obtained by them are aspects of experience, function, and model. Based on the results of research a person using the products of the brand EIGER can provide an identity as a lover hobby mountain climbing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/10/051800507
Uncontrolled Keywords: Pemaknaan, Brand, Identitas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Apr 2018 01:58
Last Modified: 25 Oct 2021 04:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9900
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (892kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item