Ardyanti, Vinta Rachma (2018) Evaluasi Kinerja Jalur Pejalan Kaki Koridor Jalan Bendungan Sigura-gura Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan kegiatan perdagangan dan jasa pada perkotaan dapat memicu pertumbuhan kegiatan-kegiatan lain, baik itu kegiatan sejenis maupun kegiatan pendukungnya. Dengan adanya perkembangan aktivitas tersebut pada pusat kota mengakibatkan tarikan pergerakan pengunjung, sehingga suatu ruas perlu dilengkapi jalur pedestrian apabila sepanjang jalan memiliki potensi menimbulkan pejalan kaki. Jalur pejalan kaki dinilai menjadi infrastruktur kota yang mampu membantu mobilitas warga maupun menekan para pengguna kendaraan pribadi untuk bertransportasi masal. Lokasi penelitian yang terpilih adalah Jalan Bendungan Sigura-gura karena pada koridor tersebut terdapat tarikan yang dapat menimbulkan adanya pejalan kaki, namun jalur pejalan kaki yang ada memiliki kondisi yang belum sesuai dengan standar, seperti masih terdapatnya PKL maupun perkerasan yang rusak, sehingga menimbulkan pejalan kaki menggunakan bahu jalan untuk berjalan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan peningkatkan kinerja jalur pejalan kaki pada Jalan Bendungan Sigura-gura Kota Malang sehingga jalur pejalan kaki yang ada menjadi lebih aman, nyaman, menyenangkan serta memiliki daya tarik bagi pejalan kaki yang sebelumnya menggunakan bahu jalan dalam berjalan, beralih jadi menggunakan jalur pejalan kaki yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif. Kuantitatif yaitu untuk mengetahui kinerja jalur pejalan kaki, sedangkan kualitatif dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui variabel apa saja yang dibutuhkan untuk rekomendasi peningkatan kinerja jalur pejalan kaki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kinerja jalur pejalan kaki diperlukan rekomendasi yaitu kondisi perkerasan trotoar, ketersediaan marka dan rambu pada fasilitas penyeberangan, ketersediaan marka untuk kaum kebutuhan khusus, trotoar bebas dari pedagang kaki lima, trotoar bebas dari parkir kendaraan bermotor, lebar trotoar, ketersediaan ramp, ketersediaan tempat sampah.
English Abstract
The development of trade and services in urban areas can trigger the growth of other activities, be it similar activities or supporting activities. With the development of these activities in the city center resulted in the pull of the movement of visitors, so that a segment needs to be equipped with pedestrian way if along the road has the potential to cause pedestrians. Pedestrian way are considered to be municipal infrastructure capable of assisting citizen mobility as well as suppressing private vehicle users for mass transportation. The selected research location is Jalan Sigura-gura Dam because in the corridor there is a tug that can cause the pedestrian, but the existing pedestrian path has conditions that are not in accordance with the standards, such as the presence of street vendors or broken pavement, causing pedestrians use the road shoulder to walk. This study aims to recommend improving the performance of pedestrian way on Jalan Bendungan Sigura-gura Malang so that the existing pedestrian path becomes safety, convenience, comfort and have a atractiveness for pedestrians who previously used the road shoulder in walking, existing pedestrians. This research uses research type that is qualitative and quantitative. Quantitative is to know the performance of the pedestrian way, while qualitative with the method of Importance Performance Analysis (IPA) to find out what variables are needed for the recommendation of improving the performance of pedestrian way. The results showed that in improving the performance of pedestrian way required recommendations of pavement conditions, the availability of markers and signs on ferry facilities, the availability of markers for special needs, free sidewalks from street vendors, free sidewalks from motorized parking lots, pavement widths, availability ramp, garbage availability.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/285/051803278 |
Uncontrolled Keywords: | Jalur-pejalan-kaki, Importance-Performance-Analysis, Bendungan-Sigura-gura |
Subjects: | 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities > 711.74 Pedestrian transportation facilities |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 01:54 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9782 |
Text
Vinta Rachma Ardyanti.pdf Download (17MB) |
Actions (login required)
View Item |