Putri, Andini Atikah (2018) Analisis Determinan Intensi Untuk Melakukan Business Exit Bagi Para Pelaku UKM (Survei pada Para Pemilik UKM di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Entrepreneurial orientation dapat mencirikan bahwa pengusaha yang berorientasi entrepreneurially memiliki kemampuan untuk merespon dengan cepat terhadap perubahan lingkungan yang mana akan lebih aktif dalam mencari serta menentukan peluang exit. Psychological ownership juga dianggap peringatan penting terhadap kondisi pikiran individu dan dapat mewakili identitas seseorang. Seseorang yang memiliki tingkat posesivitas terhadap bisnis yang telah menjadi bagian dari pemilik dapat berimplikasi pada keengganan untuk melakukan exiting. Pada penelitian ini juga memanfaatkan Theory of planned behavior (TPB) untuk meneliti hubungan antara perilaku intensi dengan business exit. TPB juga telah mengkonfirmasi kegunaannya bagi studi business exit dalam studi terdahulu. Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan pelaku UKM di Kota Malang terhadap Business Exit dan mengetahui faktor-faktor (Innovativeness, Proactiveness, Risk Taking, Goal Achievement, Social Status, Knowledge of The Business, Attitude, Subjective Noun, Perceived Behavior Control) yang dapat membentuk intensi terhadap Business Exit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian exploratory dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan teknik factor analysis melalui pendekatan confirmatory factor analysis (CFA) untuk menkonfirmasi konstruk yang sebelumnya telah dipakai oleh peneliti terdahulu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode survei melalui pembagian kuisioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UKM di Kota Malang dengan total sampel 100 orang responden. Hasil analisis membuktikan bahwa masih terdapat perbedaan pemahaman mengenai business exit dan tata kelola usaha UKM di Kota Malang. Bahwa para pelaku umumnya masih berada dalam tahapan yang sederhana mengenai pemahaman konsep exit. Hal ini dimungkinkan terjadi karena hal-hal yang bersifat tata kelola masih bersifat konvensional dan belum dipahami sebagai suatu aspek yang stratejik yang dapat menjadikan usaha-usaha tersebut menjadi sustain. Hasil analisis juga membuktikan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh dalam membentuk intensi untuk melakukan business exit yaitu innovativeness, proactiveness, risk taking, goal achievement, social status, knowledge of the business, attitude, subjective noun, dan perceived behavior control. Hasil analisis ini sekaligus mengkonfirmasi konstruk faktor dan item yang membangun faktor entrepreneurial orientation dan psychological ownership yang sebelumnya digunakan pada studi terdahulu.
English Abstract
Entrepreneurial orientation may characterize that entrepreneurial-oriented entrepreneurs have the ability to respond quickly to environmental changes that will be more active in finding and determining exit opportunities. Psychological ownership is also considered an important reminder of the individual's mind condition and can represent a person's identity. A person who has a level of possessiveness to a business that has become part of the owner can have implications for the reluctance to exit. In this study also utilize Theory of planned behavior (TPB) to examine the relationship between intention behaviour with business exit. TPB has also confirmed its usefulness for business exit studies in previous studies. The purpose of this study is to know the tendency of SMEs in Malang City to Business Exit and to know the factors (Innovativeness, Proactiveness, Risk Taking, Goal Achievement, Social Status, Knowledge of The Business, Attitude, Subjective Noun, Perceived Behavior Control) can form an intention to Business Exit. This research uses exploratory research with quantitative approach done by using factor analysis technique through confirmatory factor analysis (CFA) approach to confirm the construct previously used by the previous researcher. Data collection method used is survey method through the distribution of questionnaires to respondents. The population in this study is the owner of SMEs in Malang with a total sample of 100 respondents. The results of the analysis prove that there are still differences in understanding of business exit and SME business governance in Malang. That the perpetrators are generally still in a simple stage of understanding the concept of exit. This is possible because the things that are governance are still conventional and not understood as a strategic aspect that can make these efforts become sustain. The result of the analysis also proves that the factors that influence the intention to establish business exit are innovativeness, proactiveness, risk taking, goal achievement, social status, knowledge of the business, attitude, subjective noun, and perceived behavior control. The results of this analysis also confirm the construct of factors and items that build the entrepreneurial factor orientation and psychological ownership previously used in the previous study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/72/051802230 |
Subjects: | 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.73 Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 06:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9743 |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (717kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (884kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) | Preview |
Preview |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (295kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (420kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |