Akbar, M. Ilham Mahardika (2018) Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Balekambang Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Pantai Balekambang dan Perusahaan Daerah Jasa Yasa Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Malang yaitu Pantai Balekambang. Pantai Balekambang memiliki keistimewaan dan daya tarik. 3 pulau yang masing-masing bernama pulau ismoyo, pulau Anoman, pulau Wisanggeni serta pura di pulau ismoyo yang menyerupai keindahaan Tanah Lot yang ada di Pulau Bali Dewata. Serta atraksi budaya merupakan keistimewaan dan daya tarik Pantai Balekambang Perusahaan Daerah Jasa Yasa Kabupaten Malang sebagai pengelola Pantai Balekambang yang melakukan pengembangan objek wisata Pantai Balekambang . Tetapi dalam pengembangannya tersebut masih belum optimal. Oleh karena itu perlu adanya strategi dalam pengembangan Objek wisata Pantai Balekambang. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuannya untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Balekambang Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan objek wisata Pantai Balekambang di Kabupaten Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana. Sumber data yang digunakan dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pengembangan pariwisata di wisata Pantai Balekambang melalui strategi pengembangan objek wisata Pantai Balekambang, yaitu antara lain melakukan peningkatan promosi wisata Pantai Balekambang, Perluasan kesempatan kerja dan usaha bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan pendapatan, keberdayaan usaha mikro dalam proses produksi dan pemasaran dan peningkatan jaringan kerjasama antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam pengembangan pantai Balekambang. Dalam pelaksanaan Strategi ini masih belum optimal karena adanya beberapa kekurangan dan faktor-faktor penghambat dalam pengembangan Pantai Balekambang. Sehingga membutuhkan perhatian lebih lanjut yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Malang melalui Perusahaan Daerah Jasa Yasa Kabupaten Malang agar strategi yang dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan serta mampu memberikan dampak positif untuk masa yang akan datang.
English Abstract
This research was conducted on the basis of tourism potential owned by Malang Regency that is Balekambang Beach. Balekambang Beach has its own privileges and charms. three islands each named island ismoyo, Anoman island, Wisanggeni island and temple in ismoyo island that resembles the beauty of Tanah Lot in Bali Island Dewata. As well as cultural attractions is the privilege and attractiveness of Balekambang Beach Local Corporation Jasa Yasa Malang Regency as Balekambang Beach manager who did the development of Balekambang Beach attractions. But in its development is still not optimal. Therefore the need for a strategy in the development of Balekambang Beach Tourist Attraction. In this research use descriptive research with qualitative approach. The objective is to know, describe and analyze the Development Strategy of Balekambang Beach Tourism Object in Improving the Welfare of the Community, to know, to describe, and to analyze the supporting and inhibiting factors in the development of Balekambang Beach tourism object in Malang Regency Data analysis used in this research is by using analysis model Miles, Huberman and Saldana. Source of data used is divided into two namely primary and secondary data source. Technique of collecting data is done by interview, observation, documentation. Based on the results of research that has been done that the development of tourism in Balekambang Beach tourism through Balekambang Beach tourism development strategy, among others, to increase tourism promotion Balekambang Beach, Expansion of employment opportunities and business for the surrounding community in increasing revenue, empowerment of micro enterprises in the production process and marketing and enhancement of cooperation network between government, private and community in development of Balekambang beach. In the implementation of this strategy is still not optimal because of some shortcomings and inhibiting factors in the development of Balekambang Beach. So require further attention made by the government of Malang Regency through the Local Corporation Jasa Yasa Malang Regency for the strategy implemented in accordance with the expected and able to provide a positive impact for the future.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/19/051801543 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pengembangan, Objek Wisata, Pantai Balekambang |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.106 Nongovernmental Organizations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 01:37 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9693 |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (271kB) | Preview |
Preview |
Text
9. Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (623kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (421kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (329kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |