Pengaruh Penerapan Pajak Pemjualan Barang Mewah Atas Smartphone Terhadap Perilaku Konsumen (Survei pada Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Puspita, Damara Debrina (2018) Pengaruh Penerapan Pajak Pemjualan Barang Mewah Atas Smartphone Terhadap Perilaku Konsumen (Survei pada Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia sedang dalam tahap pembangunan diberbagai jenis infrastruktur. Pemerintah Indonesia sedang gencar mencari sumber pendapatan Negara melalui berbagai cara seperti hutang dan tentunya pajak, seperti Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Pengenaan PPnBM diharapkan dapat mengurangi pola konsumsi tinggi yang tidak produktif dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penerapan PPnBM atas smartphone dan perilaku konsumen. Menjelaskan secara parsial pengaruh penerapan PPnBM atas smartphone terhadap perilaku konsumen. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel penelitian yang digunakan adalah Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya berdasarkan kriteria. Sumber data primer yang digunakan adalah data yang dikumpulkan secara langsung oleh peneliti melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Sumber data sekunder yang digunakan berasal artikel, internet, jurnal dan literatur lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 13.0. Berdasarkan hasil analisis deskriptif rata-rata variabel X sebesar 3,98 menunjukkan responden setuju terhadap penerapan PPnBM atas smartphone dan rata-rata variabel Y sebesar 3,92 menunjukkan setuju terhadap perilaku konsumen. Berdasarkan pada penghitungan analisis regresi linier sederhana, dapat diperoleh Penerapan PPnBM atas smartphone mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Perilaku Konsumen. Maka pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh Penerapan PPnBM atas smartphone terhadap variabel Perilaku Konsumen dapat diterima. Berikut ini saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak lain. Mengingat variabel bebas dalam penelitian ini merupakan hal yang sangat penting dalam mempengaruhi Perilaku Konsumen diharapkan hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.

English Abstract

Indonesia are under construction in various types of infrastructure. The Indonesian government is actively seeking the source of State revenues through various means such as debt and taxes, such as Luxury Sales Tax. Imposition of luxury sales tax are expected to reduce the high consumption patterns that are not productive in society. The purpose of this study is to describe about luxury sales tax application on the smartphone and consumer behavior. And partially explain the influence of application of luxury sales tax on smartphone to consumer behavior. Researchers use a quantitative approach with descriptive research method. The type of research used is explanatory research. The sample of research used is Taxation Students of Faculty of Administration Universitas Brawijaya based on criteria. Primary data sources used are data collected directly by the researchers through the distribution of questionnaires to respondents. Secondary data sources used are articles, internet, journals and other literature. Data collection techniques used in this research is the study of literature and field study. Test of research instrument using validity and reliability test. Methods of data analysis using classical assumption test. Data analysis was done by using statistical software SPSS (Statistical Package For Social Science) version 13.0. Based on the results of descriptive analysis grand mean of variable X is 3.98 indicates the respondent agreed to the application of luxury sales tax on smartphones and grand mean variable Y is 3.92 shows agree to consumer behavior. Based on a count of simple linear regression analysis, can be obtained by application of luxury sales tax on the smartphone has a significant influence on consumer behavior. Then the test of the hypothesis stating the influence of Application of luxury sales tax on smartphones to Consumer Behavior variable can be accepted. The following suggestions are expected to be useful to others. Given the independent variables in this study is very important in influencing Consumer Behavior is expected the results of this study can be used as a reference for further researchers to develop this study by considering other variables that are other variables outside the variables that have been included in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/53/051802211
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pajak Barang Mewah, Perilaku Konsumen
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 19 Apr 2018 07:05
Last Modified: 26 Oct 2021 05:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9645
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (873kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (790kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item