Analisis Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei pada Konsumen Java Dancer Coffee Roaster Malang)

Amaliyah, Nur Putri (2018) Analisis Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei pada Konsumen Java Dancer Coffee Roaster Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh: (1) pengaruh RelationshipMarketing terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan(3) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatoryresearch dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 115 responden yang merupakan pelanggan Java Dancer Coffee Roaster. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Relationship Marketing berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted RSquare sebesar 0,275. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel RelationshipMarketing dan Kepuasan Konsumen adalah sebesar 27,5% sedangkan sisanya 72,5%. Dan Relationship Marketing berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelangganyang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,538. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 53,8% sedangkan sisanya 46,2%. dan Kepuasan Pelanggan berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelangganyang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,538. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan adalah sebesar 53,8 % sedangkan sisanya 46,2%.

English Abstract

This research is intended to explain the effect of: (1) the influence of Relationship Marketing Against Customer Satisfaction; (2) influence Relationship Marketing on Customer Loyalty; (3) the effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty. The type of research used in this research is explanatory research using aquantitative approach. Samples taken as many as 115 respondents whose are Java Dancer Coffee Roaster’s Customer. Data method used is questionnaire. Data analysis used in this research is Path Analysis. The results of this study indicate a positive influence between the significance of Relationship Marketing can be seen from the significance of F <α that is 0,000 <0,05 and Adjusted R Square value of 0,275. This shows that there is difference of variable of Relationship Marketing and Customer Satisfaction of 27,5% while the rest 72,5%. And Relationship Marketing correlates positively and significantly to Customer Loyalty which can be seen from significance value of F <α that is 0,000 <0,05 and Adjusted R Square value equal to 0,538. This shows the difference of variables. Relationship Marketing and Customer Loyalty of 53,8% while the remaining 46,2%. And Costumer Satisfaction related positively and significantly to Customer Loyalty which can be seen from significance value F <α that is 0,000 <0,05 and Adjusted R Square value equal to 0,538. This shows the difference of Costumer Satisfaction and Customer Loyalty variable by 53,8% while the rest is 46,2%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/55/051802213
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 19 Apr 2018 04:06
Last Modified: 26 Oct 2021 05:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9617
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item