Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru ( Studi Pada SMK PUSPA BANGSA Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi)

Yuliharnanti, Dwi Santi (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru ( Studi Pada SMK PUSPA BANGSA Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh langsung gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru.Selain itu, penelitian ini juga menganalisis pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru melalui motivasi guru dan disiplin kerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru pada SMK Puspa Bangsa Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan data penelitian berupa kuesioner.Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 70 responden guru yang bekerja di SMK Puspa Bangsa.Penelitian ini menggunakan teknik random sampling/ sensus dimana semua guru menjadi populasi dalam penelitian ini dan menjadi sampel dalam penelitian ini.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS untuk Windows version 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pengaruh langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru dan pengaruh langsung motivasi kerja dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru serta ada pengaruh signifikan secara tidak langsung antara pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru melalui motivasi guru dan pengaruh tidak langsung antara pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja guru.Hal ini menunjukkan bahwa jika pimpinan sekolah menaruh fokus yang besar pada pemenuhan motivasi kerja dan disiplin kerja guru dalam artian pimpinan peka terhadap kebutuhan akan guru makakinerja yang dihasilkan olehp ara guru akan semakin tinggi dan kepercayaan akantimbul dalam diri para guru. Padasisi lain dengan penerapan gaya kepemimpinan yang ada bawahan akan merasa dipercaya, dihargai, loyal dan respek kepada pimpinannya. Pada akhirnya bawahan akan merasa nyaman dan termotivasi untuk melakukan lebih dari yang diharapkan.

English Abstract

This research analyzes the direct effect of leadership style, work motivation and discipline on teacher performance. More over, this research also analyzed the inderect effect of leadership style on teacher performance through motivation and discipline of teacher performance. The point of this research is to know the effect of leadership style, work motivation and work discipline on teacher performance in SMK Puspa Bangsa Cluring Subdistrict Banyuwangi District. This research used data research in questioner form. A numbers of sample in this research wereas many as 70 teachers as respondents that work in Smk Puspa Bangsa. This research utilized random sampling technique/census where all teachers became population and sample in this research. Data analysis technique that was applied in this research is SPSS for Windows version 23. The results of this study indicated that there is significant influence on the direct effect of leadership style on teacher performance and the direct influence of motivation and discipline of teachers working on teacher performance alsothere is significant effect indirectly between leadership style on teacher performance through teacher motivation and the indirecteffect is between the effect of leadership style on teacher performance through work discipline of teacher. This shows that if leader of school put a great focus on meeting the motivation and discipline of teachers working in the sense that the leader will be sensitive on requirement of teachers, so that the perfomance that is given by the teachers will be higher and the trust will arise in teachers.On the other hand with the implementation of leadership style on employeewill feel trusted, valued, loyal and respect to the leader. Finally, the employee will feel comfortable and motivated to do more than expected.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 2/YUL/p/2017/041711854
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP, EMPLOYEE MOTIVATION, DISCIPLINE, PERFORMANCE
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.409 Personal aspects of executive management > 658.409 2 Executive leadership
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Apr 2018 01:38
Last Modified: 26 Nov 2021 02:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9302
[thumbnail of BAB.V.pdf]
Preview
Text
BAB.V.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of BAB.VI.pdf]
Preview
Text
BAB.VI.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of TESIS LENGKAP.pdf]
Preview
Text
TESIS LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB.I.pdf]
Preview
Text
BAB.I.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of BAB.III.pdf]
Preview
Text
BAB.III.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of BAB.II.pdf]
Preview
Text
BAB.II.pdf

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of BAB.IV.pdf]
Preview
Text
BAB.IV.pdf

Download (88kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item