Analisis Peningkatan Kualitas Produk Lemari Menggunakan Metode Six Sigma di Perusahaan Furniture

Uyunina, Alfi (2018) Analisis Peningkatan Kualitas Produk Lemari Menggunakan Metode Six Sigma di Perusahaan Furniture. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Gatra Mapan merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur untuk produk-produk furniture, diantaranya lemari. Pada tahun 2016, perusahaan memiliki permasalahan terkait pengendalian kualitas, yakni dalam satu tahun menghasilkan produk cacat sebesar 4900 unit atau sekitar 4,41% dari keseluruhan produksi, dimana target maksimal produk cacat yang ditetapkan oleh perusahaan hanya 2% dari keseluruhan produksi. Selain jumlah produk cacat yang melebihi target maksimal yang ditetapkan, juga terjadi komplain dari pembeli terkait produk yang dikirim oleh perusahaan yakni sebanyak 413 unit. Hal ini menunjukan masih adanya produk cacat yang lolos pada inspeksi internal yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya perbaikan untuk meningkatkan kualitas lemari yang dihasilkan oleh perusahaan sehingga jumlah produk cacat yang diproduksi dapat diminimalisir. Pada penelitian ini digunakan metode Six Sigma yang didalamnya terdapat tahapan Define, Measure, Analyze dan Improve. Six Sigma merupakan suatu visi peningkatan kualitas menuju target 3,4 kegagalan persejuta kesempatan (DPMO). Pada tahap Define, dilakukan identifikasi Critical To Quality (CTQ). Dalam tahap Measure, dilakukan perhitungan nilai DPMO dan level sigma, pembuatan peta kendali serta perhitungan kapabilitas proses. Pada tahap Analyze, dilakukan analisa mengenai akar penyebab permasalahan yang menimbulkan adanya produk cacat. Alat pengendalian kualitas yang digunakan pada tahap ini adalah diagram sebab akibat (Cause and Effect Diagram) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), yakni suatu prosedur terstruktur untuk mengidentifikasi dan mencegah sebanyak mungkin mode kegagalan dengan menentukan angka Risk Priority Number (RPN) yang didapat dari nilai Severity, Occurrence dan Detection. Selanjutnya, pada tahap Improve diberikan saran perbaikan untuk mengatasi penyebab terjadinya produk cacat. Pada hasil penelitian ini, didapatkan Critical to Quality (CTQ) produk lemari antara lain komponen lemari tidak pecah, lapisan edging dan laminasi tidak mengelupas, tidak terdapat goresan baik visual maupun tajam, hasil laminasi rapi tidak menggelembung, lemari bersih tidak terdapat kotoran, dan permukaan lemari lurus tidak melengkung. Selain itu juga didapatkan nilai DPMO sebesar 43.515,7 dan level sigma sebesar 3,2. Faktor penyebab dari produk cacat meliputi faktor manusia, material, mesin, metode dan lingkungan. Rekomendasi perbaikan yang diberikan adalah penerapan gerakan 3S (Seiri, Seiton dan Seiso), pembuatan form checklist untuk pengawasan kebersihan lingkungan produksi serta penempelan rambu peringatan batas maksimal tumpukan yang diperbolehkan diruang produksi dan form pemeriksaan produk jadi untuk mengurangi jumlah produk cacat yang lolos ke tangan pembeli.

English Abstract

PT Gatra Mapan is a company engaged in manufacturing for furniture products, including cabinet. In 2016, the company has issues related to quality control, in one year produce 4900 units of defective products or about 4.41% of the total production, where the maximum target defect product set by the company is only 2% of the total production. In addition to the number of defective products that exceed the maximum target set, there were complaints from buyers related dispatched products by the company of 413 units. It shows that there are still defective products that pass the internal inspection conducted by the company. Therefore, it is necessary to improve the quality of cabinet produced by the company so the number of defective products produced can be minimized. This study used Six Sigma method which there are stages of Define, Measure, Analyze and Improve. Six Sigma is a vision of quality improvement towards the 3.4 Defects Per Million Opportunities (DPMO) target. In the Define stage, Critical To Quality (CTQ) identification is performed. In the Measure stage, DPMO and sigma level are calculated, creating control chart and calculating process capability. In the Analyze stage, analizing the root causes of problems that cause the defect product. The quality control tools that used in this step are the Cause and Effect Diagram and Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), which is a structured procedure to identify and prevent as many modes of failure as possible by determining the Risk Priority Number (RPN) obtained from the value of Severity, Occurrence and Detection. Furthermore, at the Improve stage is given improvement suggestions to fix the cause of the defect product. The results of this study, there are several Critical To Quality (CTQ) such as unbreakable of cabinet components, edging and laminate layers are not peeled, no scratches either in visual or sharpness, neat lamination results are not bulging, clean cabinets, the surface of cabinet not curved. obtained DPMO value of 43,515.7 and sigma level of 3.2. The causes of defective products include human factors, materials, machinery, methods and environments. Improvement recommendation given is implementation of 3S movement (Seiri, Seiton and Seiso), making checklist form for environmental hygiene supervision of production, as well as attachment of warning sign of maximum limit of pile allowed in the production room, and inspection form of finished product to reduce the number of defective product passes to buyer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/21/051800672
Uncontrolled Keywords: Failure Mode and Effect Analysis, Furniture, Produk cacat, Six Sigma
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 3 Control and quality management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Apr 2018 01:15
Last Modified: 16 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9238
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DSB.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DSB.pdf

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (304kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item