Perancangan Mobil yang Ergonomis pada Bagian Penumpang untuk Difabel Daksa dan Netra Dengan Pendekatan HOQ

Adam, Ahmad Pratomo (2018) Perancangan Mobil yang Ergonomis pada Bagian Penumpang untuk Difabel Daksa dan Netra Dengan Pendekatan HOQ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transportasi merupakan hal yang sangat diperlukan semua manusia agar dapat memobilisasi kegiatannya dan mudah beraktivitas kemanapun. Namun ada beberapa orang yang mempunyai keterbatasan untuk hal mobilitas seperti kaum difabel atau biasa disebut juga penyandang disabilitas. Kaum difabel (disabilitas) merupakan orang yang mempunyai kekurangan fisik dan atau mental, yang dapat mengganggu dan menghambat dirinya untuk melakukan kegiatannya sehari-hari dalam hidup yang wajar. Maka dari itu diperlukan suatu transportasi yang bisa memenuhi kebutuhan para kaum difabel untuk bepergian kemana saja dengan mudah dan nyaman dengan desain dan fasilitas yang cocok untuk kaum difabel khususnya kaum difabel daksa dan netra yang memiliki persentase terbanyak pada jumlah difabel di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode HOQ. Penentuan desain didapat dari perhitungan ukuran part bagian penumpang dengan menggunakan dimensi antropometri berdasarkan data dari mahasiswa difabel Universitas Brawijaya. Setelah itu dari hasil HOQ dibuat berbagai alternatif konsep dengan menggunakan morfologi chart dan melakukan pemilihan alternatif konsep desain dengan menggunakan PUGH matriks. Kemudian dari alternatif desain yang telah dipilih pada PUGH matriks, maka estimasi total biaya pembuatan mobil difabel dibuat berdasarkan alternatif konsep desain terpilih. Hasil yang didapat dari penelitian dengan metode-metode tersebut adalah mendapatkan sebuah rancangan desain mobil kaum difabel daksa dan netra dengan desain terbaik dari berbagai alternatif. Dari hasil analisis perancangan mobil difabel bagian penumpang ini, didapatkan bahwa untuk membuat desain mobil difabel daksa dan netra terdapat wheelchair lift, dimensi wheelchair lift, jumlah slot space penumpang kursi roda, dimensi handrail, diameter tiang pegangan, jumlah tiang pegangan, jumlah kursi lipat penumpang, jumlah wheelchair securement dari respon teknis pada HOQ. Perhitungan antropometri menghasilkan berbagai dimensi masing-masing bagian mobil yang diperlukan dalam mendesain mobil difabel. Setelah itu dari PUGH matriks terpilih satu alternatif konsep dari 6 alternatif konsep yang ada dengan mempertimbangkan segi aksesibilitas, biaya, kemudahan operasional, keamanan, dan kenyamanan penggunaan. Total estimasi biaya pembuatan/ modifikasi desain mobil kaum difabel ini adalah Rp. 171.530.000,-.

English Abstract

Transportation is an indispensable thing for all people to mobilize their activities and easy to move anywhere. But there are some people who have limitations for mobility like difable or people with disabilities. Difable is a person with a physical or mental disability who can disturb and impede theirself to perform his or her daily activities in a reasonable life. Therefore it is necessary for a transportation that can meet the needs of the disabled people to travel anywhere with ease and comfort with design and facilities that suitable for the disabled, especially for physical disability people who have the highest percentage in the number of disable in Indonesia. This research uses HOQ and anthropometry method. Design is obtained from the calculation of passenger section size by using anthropometry dimension based on data from disable students in University of Brawijaya. After that the results of HOQ made various alternative concepts by using the morphology chart and do the selection of alternative design concepts by using PUGH matrix. Then from the design alternatives that have been selected on the PUGH matrix, the estimated total cost of making the car is made based on the chosen alternative design concept. The results obtained from the research with these methods is to get a car design of physical disability people with the best design of various alternatives. From the result of ergonomic design analysis of passenger car for people with disabilities on body and eyes, to make a design for them there are wheelchair lift, dimension of wheelchair lift, the number of wheelchair passenger space slot, dimension of handrail, diameter of grip, the number of grip, the number of wheelchair securement from the technical response on HOQ. Anthropometry calculations obtain the various dimensions of each car section which require in designing a car for people with disabilities on body and eyes. After that, from PUGH matrix was chosen one alternative concept from 6 alternative concept that exist by considering accessibility aspect, cost, operational ease, securement, and comfort of use. Total estimated cost of making/ modifying the design of this difable car is Rp. 171.530.000, -.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/42/051800766
Uncontrolled Keywords: Desain, Disabilitas, HOQ, Mobil, PUGH Matrix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Apr 2018 07:44
Last Modified: 16 Oct 2021 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9184
[thumbnail of Ahmad Pratomo.pdf]
Preview
Text
Ahmad Pratomo.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item