Analisis Kebutuhan Pelatihan Dosen pada Dosen Program Studi dengan Metode Training Needs Analysis

Tjioe, Robert (2018) Analisis Kebutuhan Pelatihan Dosen pada Dosen Program Studi dengan Metode Training Needs Analysis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebuah jurusan pada Universitas X di Indonesia merupakan jurusan yang banyak diminati oleh banyak lulusan SMA dari berbagai kota di Indonesia. Mahasiswa yang diterima jurusan ini setiap tahunnya berjumlah lebih dari 200 mahasiswa sejak tahun 2011 dan jumlah tenaga dosen di jurusan ini adalah 37 orang. Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan jurusan ini, diperlukan peningkatan kemampuan dosen. Permasalahan yang dihadapi jurusan ini adalah pelatihan yang selama ini diberikan kepada dosen masih belum dapat memenuhi kekurangan kompetensi dosen dan masih belum pernah diadakan penelitian ilmiah mengenai kebutuhan pelatihan dosen. Jurusan ini berencana memberikan beberapa jenis pelatihan kepada dosen berdasarkan kebutuhan pelatihan dosen. Penentuan jenis pelatihan didasarkan pada nilai gap kompetensi dari 4 kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah training needs analysis. Penelitian ini dimulai dengan melakukan penyebaran kuesioner pada 9 dosen yang terdiri dari ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua uji jaminan mutu, dam 6 kepala laboratirum untuk memperoleh standar kompetensi dosen. Kemudian melakukan penyebaran kuesioner pada 29 dosen dan 232 mahasiswa dari angkatan 2013 hingga 2016 untuk mendapatkan nilai kompetensi yang dimiliki dosen saat ini. Kemudian dilakukan perhitungan dan analisis nilai gap kompetensi dari 4 kompetensi utama. Nilai gap kompetensi dari dosen dan dari mahasiswa digabung dengan presentase 70% nilai dari mahasiswa dan 30% nilai dari dosen. Kemudian jenis pelatihan yang dibutuhkan masing-masing dosen ditentukan berdasarkan 2 nilai gap kompetensi terendah dari tiap dosen. Berdasarkan hasil penelitian, masih banyak gap kompetensi yang bernilai negatif pada dosen jurusan ini. Pada kompetensi pedagogik dan profesional, semua dosen memiliki nilai gap kompetensi negatif. Kemudian pada kompetensi kepribadian, hanya terdapat 3 dosen yang memiliki nilai gap kompetensi positif. Sedangkan pada kompetensi sosial, hanya terdapat 1 dosen yang memiliki nilai gap kompetensi positif. Untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan jurusan ini, gap kompetensi perlu segera diperbaiki. Pelatihan yang dibutuhkan dosen untuk meningkatkan kompetensi adalah workshop penyusunan materi kuliah, pelatihan yang sesuai dengan bidang keahlian dosen, personality development training, pelatihan komunikasi efektif dan interaksi positif, serta sharing session pemahaman karakteristik dosen dan mahasiswa.

English Abstract

Every employee in organization needs trainings to increase their ability. Training Needs Analysis is a method to determine the type of training which is needed by the employees. This research aimed to find a way to increase the quality of the lecturers’ abilities to educate in one of department on X University in Indonesia. Many of the high school students from all over Indonesia finds this department is reputable, yet students that got accepted since 2011 are approximately more than 200 each year with only 37 lecturers to teach them. The first problem in this department was the current trainings for the lecturers weren’t adequate to develop lecturers’ competence. And another problem is there hadn’t been any research on the lecturers’ training. This department planned to give several trainings to their lecturers based on their necessity. The training would be divided by their competence gap mark on four major capabilities: pedagogy, professional, personality, and social ability. The methodology used in this research was training needs analysis and started by deploying questionnaires to 9 lecturers consisting of head of department, deputy head of department, head of department’s quality assurance, and 6 head of laboratories to find the standard grade of lecturers’ competence. The next step was deploying questionarries to 29 lecterurs and 232 students from generation 2013, 2014, 2015, and 2016 to find the current competence’s mark of the lecturers. Afterwards, this research was analyzing the competence gap mark from the four major capabilities. This numbers were derived from the results of 70% students’ mark and 30% of lecturers’ mark. Finally, the type of the training for each of the lecturers would be decided from their two lowest competence gap mark. This research found many negative competence gap mark of the lecturers. On the pedagogy and professional ability, all of the lecturers got negative competence gap mark. On the personality ability, there were only 3 lecturers that got positive competence gap mark from 29 lecturers. And on the social ability, there was only 1 lecturer that got positive competence gap mark. The competence gap needed to be fixed to improve the education’s quality of this department. The trainings that the lecturers’ needed to develop their ability were workshop of how to compose a lecture curriculum (for pedagogy ability), lesson based on the lecturers’ capability in a specific area (for professional ability), personality development training (for personality ability), tutorial of effective communication and positive interaction, and sharing session of how to understand the lecturers’ and students’ characteristics (for social ability).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/61/051800785
Uncontrolled Keywords: Dosen, Gap Kompetensi, Training Needs Analysis, Pelatihan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:18
Last Modified: 18 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9123
[thumbnail of ROBERT.pdf]
Preview
Text
ROBERT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item