Penerapan E-Commerce Pada UKM Tempe Londho Malang Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UKM

Poerwadi, Jauhari Permana (2018) Penerapan E-Commerce Pada UKM Tempe Londho Malang Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UKM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu UKM yang sedang berkembang di Malang adalah UKM Tempe Londho. UKM ini berdiri pada tahun 2006 di daerah Sukun Malang. Sistem pemasaran yang terdapat pada UKM Tempe Londho masih memakai sistem manual yaitu dari mulut ke mulut sehingga cakupan pemasaran masih terbatas. Penelitian ini dilakukan untuk membantu pihak UKM dalam memasarkan produknya lebih luas dengan membuat sebuah sistem database guna mempermudah pihak UKM dalam merekap data penjualan produk mereka. Penelitian ini dimulai dengan membuat sebuah perancangan dasar website E-Commerce yang meliputi perspektif website, performa sistem e-commerce, karakteristik dari user, batasan sistem, dan analisa kelemahan sistem terdahulu pada UKM dengan pandangan PIECES. Setelah membuat perancangan dasar, langkah selanjutnya adalah menganalisis kebutuhan sistem fungsional dan non fungsional. Pembuatan program ini dilakukan dengan bantuan software wordpress. Pengujian sistem dibagi menjadi tiga uji yaitu uji verifikasi, validasi dan prototipe. Dalam website tempe londho yang telah dirancang, terdapat sistem database berupa rekapan data hasil penjualan produk. Uji verifikasi dilakukan oleh peneliti dan pihak UKM dengan mencoba membeli produk secara langsung ke website serta memeriksa coding pada website. Pada uji validasi telah sesuai dengan harapan pihak UKM yang terdapat di dalam system Requirement Checklist (SRC). Dan untuk uji prototipe sudah dilakukan perbandingan antara sistem terdahulu dengan sistem yang baru dibuat. Dari hasil perbandingan sistem tersebut didapatkan poin penting yaitu pemasaran UKM dapat dilakukan secara online dan sudah tersedia sistem database untuk UKM dalam merekap data penjualan produk mereka.

English Abstract

One of the developing SME in Malang is UKM Tempe Londho. UKM Tempe Londho established in 2006 at Sukun Malang. The marketing system in SME Tempe Londho still using word of mouth therefore the marketing was still very limited. The purpose of this research to help the SME to develop their product furthermore and to make a database for SME to recap sales data. The first step of the research is making a basic e-commerce website which include website perspective, e-commerce system performance, user characteristics, system limit, and the analysis current systems weaknees on UKM Tempe Londho using PIECES (Performance, Information, economy, control, efficiency, service). After that, the next step is analyzing functional and non-functional requirement. The program is made by using wordpress. The testing of this systems are using verification test, validation test, and prototype test. In Tempe Londho Website, there are sales database system in which recaps data of product sales. the verification test was tested by researcher and the owner of Tempe Londho by trying to buy the product on the website and checking the coding. The validation test has matched according to the SRC (system requirement checklist). The prototype test was already done by comparing the old and the new system. From the comparison result it can be found that the marketing of Tempe Londho can be done by online system, and the sales data has allready available in Tempe Londho system database.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/87/051800944
Uncontrolled Keywords: Database, E-Commerce, Pemasaran, PIECES, Wordpress
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:16
Last Modified: 18 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9058
[thumbnail of JAUHARI.pdf]
Preview
Text
JAUHARI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item