Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Integrated Performance Measurement System di PT Bank Tabungan Negara (Persero)

Pradistia, Muhammad Taufiq (2018) Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Integrated Performance Measurement System di PT Bank Tabungan Negara (Persero). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencapaian suatu sasaran strategis yang telah dibuat perusahaan dapat diketahui dengan melakukan pengukuran kinerja. Dalam pengukuran kinerja terdapat indikatorindikator kinerja, dimana nilai dari indikator-indikator kinerja inilah yang menjadi tolak ukur dari pencapaian sasaran strategis perusahaan. Pengukuran kinerja yang dilakukan PT Bank Tabungan Negara (Persero) selama ini tidak memperhatikan kebutuhan seluruh stakeholdernya dengan ditunjukkan tidak adanya indikator kinerja dari aspek investor, pemasok, tenaga kerja dan masyarakat. Hal tersebut membuat Bank BTN mengalami kendala dalam mencapai sasaran strategis yang mencakup keempat aspek tersebut, yaitu perbaikan proses pengadaan untuk meningkatkan kualitas operasional, mendorong kemandirian keuangan melalui inklusi finansial yang bertujuan meningkatkan akses keuangan formal kepada masyarakat, membangun kebanggan bersikap laku profesional dan mengurangi pegawai yang menghambat budaya organisasi dan memberikan sustainable value kepada investor. Oleh karena itu, PT Bank Tabungan Negara (Persero) perlu melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh dan terintegrasi dengan memperhatikan kebutuhan dari tiap stakeholdernya. Integrated Performance Measurement System (IPMS) merupakan model yang tepat dalam melakukan sistem pengukuran kinerja yang terintegrasi dan menyeluruh, dimana model ini menjadikan keinginan stakeholder sebagai titik awal dalam melakukan perancangan sistem pengukuran kinerjanya dan akan menghasilkan Key Performance Indicator (KPI) dari tiap stakeholder tersebut. Penggunaan metode IPMS ini dikombinasikan dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menghitung bobot dari masing-masing KPI yang teridentifikasi. Selain itu juga digunakan Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System untuk menilai kinerja tiap KPI dan mengetahui KPI mana yang memerlukan perbaikan. Berdasarkan scoring system dengan menggunakan OMAX dan Traffic Light System didapatkan 36 KPI berada dikategori hijau yang menandakan KPI tersebut telah mencapai atau melebihi target yang ditentukan, 11 KPI berada dikategori kuning yang menandakan perusahaan perlu berhati-hati terhadap kinerja KPI tersebut dan 3 KPI berada dikategori merah yang menandakan kinerja dari KPI tersebut berada jauh dibawah target yang ditentukan dan memerlukan perbaikan dengan segera. Rekomendasi perbaikan yang diajukan untuk KPI yang berada dikategori merah ada tiga, yaitu memperkuat komposisi pendanaan untuk memperbaiki kinerja loanable fund ratio, membuat jadwal pemeliharaan preventif menggunakan metode age replacement untuk mengurangi persentase kerusakan fasilitas kerja dan penggunaan sistem voting dalam penentuan jadwal regular meeting dengan pihak mitra dan kolaborator dan tempat regular meeting akan diadakan di aula menara Bank BTN untuk memudahkan pengaturan jadwal regular meeting dengan mitra dan kolaborator.

English Abstract

Achievement of a strategic goal that has been set by a company can be seen by implementing performance measurement. In performance measurement there are Key Performance Indicators (KPIs), in which the score of each KPIs are becoming the benchmark for the company’s strategic goals achievement. Performance measurement conducted by PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk did not consider some aspects like investor, supplier, employee and society, which indicated by the lack of performance indicators from those four aspects. As a result, Bank BTN Tbk has a problem in achieving strategic goals that consider those aspects, which are improvement of procurement processes to improve operational quality, encourage financial self-sufficiency through financial inclusion aimed at improving formal financial access to the community, building pride in professional behavior and reducing employees that hamper organizational culture and provide sustainable value to investors. Therefore, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk need to develope a holistic and integrated performance measurement model by incorporating the need of every stakeholders. Integrated Performance Measurement System (IPMS) is the right model for conducting a holistic performance measurement, where this model uses stakeholder needs as a starting point for designing its performance measurement system. The implementation of IPMS will be combined with Analytical Hierarchy Process (AHP) method to calculate the weight of each identified KPIs. It is also use Objective Matrix (OMAX) and Traffic Light System to score the performance of each KPIs and to obtain information which KPI that needs corrective action. Based on scoring system using OMAX and Traffic Light System, 36 KPIs identified to be in the green zone which indicates that these KPIs already achieve its target, where 11 KPIs identified to be in the yellow zone which indicates Bank BTN need to improve the performance of these KPIs and 3 KPIs identified to be in the red zone which indicates that the performance of these KPIs are well below the specified target and require immediate corrective actions. There are three proposed corrective actions for KPIs that are in the the red zone, which are strengthening funding composition to improve loanable fund ratio performance, create a preventive maintenance schedule using the age replacement method to reduce the percentage of work facility damage and using voting system to determine regular meeting schedule with partners and collaborators, where regular meeting will be held in Bank BTN tower hall to facilitate the scheduling of regular meeting with partners and collaborators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/9/051800490
Uncontrolled Keywords: Integrated Performance Measurement System, Perbankan, Traffic Light System
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.306 Job analysis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Mar 2018 01:56
Last Modified: 16 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8923
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR-SUMMARY.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR-SUMMARY.pdf

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (304kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item