Pengaruh Kerusakan Low Pressure Turbine Terhadap Kinerja Mesin Pada General Electric Cf34-8c5a1

Kurniawan, Ikhwan (2018) Pengaruh Kerusakan Low Pressure Turbine Terhadap Kinerja Mesin Pada General Electric Cf34-8c5a1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi pada pesawat terbang saat ini merupakan aspek utama dalam menunjang transportasi udara di berbagai negara termasuk Indonesia. Pesawat terbang memiliki kriteria dan syarat khusus untuk dapat bisa mengudara yaitu, standar keamanan dan kenyamanan. Perawatan pesawat merupakan hal yang wajib bagi semua maskapai, baik dari segi avionic, airframe, cabin, dan powerplant secara rutin dan berkala, dimulai dari memonitor hingga melakukan perbaikan. Mesin pesawat terdiri dari kompresor, ruang bakar, dan turbin. Turbin bekerja dengan mengubah energi potensial yang dimiliki gas menjadi energi mekanik untuk menggerakkan poros dan komponen lain. Pada penelitian ini digunakan pesawat dengan mesin General Electric CF34-8C5A1 dengan seri 195231 dan 195341 yang terpasang pada jenis Bombardier CRJ1000. Permasalahan yang sering terjadi pada jenis pesawat ini yaitu Low Pressure Turbine (LPT) blade yang mengalami kerusakan. Kerusakan yang muncul pada LPT blade ini yaitu diantaranya crack, bend, dent, dan tear. Kerusakan ini diakibatkan oleh patahnya ITT Probe yang kemudian menghantam LPT blade. ITT (Interturbine Temperature) probe berfungsi untuk mengukur temperatur rata-rata gas pada sisi keluar HPT (High Pressure Turbine). Dalam penelitian ini digunakan metode analisa dengan menganalisa data-data yang telah diperoleh yang kemudian dapat diketahui pengaruhnya terhadap kinerja mesin. Pada penelitian ini, alat dan bahan penelitian yang digunakan yaitu microsoft excel, web interface, dan boroscope. Untuk menganalisa kerusakan yang terdapat pada LPT blade terhadap kinerja mesin, digunakan data hasil foto boroscope, EGT (Exhaust Gas Temperature), fuel flow, thrust, altitude, dan airspeed. Berdasarkan dari data-data ditemukan tiga kerusakan scratch, crack, dan dent pada ESN 195231 dengan presentase jumlah crack pada LPT blade yaitu sebesar 1,35% dan presentase jumlah dent pada LPT blade yaitu sebesar 1,62%. Sedangkan kerusakan yang terdapat pada LPT dengan ESN 195341 yaitu ditemukan LPT blade crack dan dent dengan presentase jumlah crack pada LPT blade yaitu sebesar 0,81% dan presentase jumlah dent pada LPT blade yaitu sebesar 3,24%. Kinerja mesin dengan LPT blade yang mengalami kerusakan pada ESN 195231 dan ESN 195341 yaitu mengalami penurunan dengan efisiensi yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan normal engine. Penurunan efisiensi pada ESN 195231 yaitu sebesar 1,98% dan pada ESN 195341 yaitu sebesar 0,59%.

English Abstract

The development of the plane technology nowadays is a main aspect in improving the air transportation in every country, including Indonesia. Planes have some criteria and special requirements that need to be fulfilled so that they can be qualified to air, which are the safety and comfort standard. The maintenance of a plane is a very significant thing that all of the airline companies should monitor and upgrade regularly, either it is about the avionic, airframe, cabin, or power plant. The plane engine itself is consisted of compressor, combustion chamber, and turbine. The turbine works by changing the gas’ potential energy into the mechanical energy to move the pivot and other components. This research uses a plane with General Electric CF34-8C5A1 engine with the serial number of 195231 and 195341 which are implanted in the Bombardier CRJ1000 type. A common problem that can be found in this type of plane is a damaged Low Pressure Turbine’s blade. The damaged blade itself can be in the form of crack, bend, dent, and tear. These damages are the result of the fracture of the ITT Probe which hits the LPT blade. An ITT (Interturbine Temperature) probe is used to measure the average gas temperature in the outside of the HPT (High Pressure Turbine). This research uses the analysis method by analyzing the founded data and drawing the conclusion whether the damages are affecting the engine performance or not. In this research, the tools and materials that use is microsoft excel, web interface, and boroscope. To analyze the damages in the LPT blade towards the engine performance, the data of boroscope photo, EGT (Exhaust Gas Temperature), fuel flow, thrust, altitude, and airspeed are used. Based on those data, this research found three kinds of damages: scratch, crack, and dent on ESN 195231 with the percentage of 1,35 % of the crack and 1,62 % of the dent in the LPT blade. Meanwhile, the founded damage in the LPT blade of ESN 195341 were crack and dent with the percentage of 0,81 % and 3,24 %. The engine performance with the damaged LPT blade in the ESN 195231 and ESN 195341 is decreasing with the produced efficiency value is lower compared to a normal engine. The percentage of the decreased efficiency in the ESN 195231 is 1,98% while in the ESN 195341 is 0,59%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/164/051801627
Uncontrolled Keywords: Low Pressure Turbine, Blade, Scratch, Crack, Bend, Dent, Tear,Low Pressure Turbine, Blade, Scratch, Crack, Bend, Dent, Tear
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.2 Hydraulic-power technology > 621.24 Turbines
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Mar 2018 01:35
Last Modified: 19 Oct 2021 22:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8896
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 10 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item