Model Prediksi Kecelakaan Pengguna Sepeda Di Kota Surabaya, Jawa Timur

Apriastini, Rizky (2018) Model Prediksi Kecelakaan Pengguna Sepeda Di Kota Surabaya, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring maraknya pembangunan infrastruktur dan kawasan pemukiman penduduk berdampak pada perkembangan lalulintas. Meningkatnya jumlah volume lalu lintas berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah kecelakaan. Berdasarkan data dari Polda Jawa Timur pada tahun 2014 yaitu 26 kecelakaan sepeda dan meningkat menjadi 36 kecelakaan sepeda pada tahun 2015, sedangkan tahun 2016 mengalami penurunan yaitu menjadi 24 kecelakaan sepeda. Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui karakteristik pengendara sepeda di Kota Surabaya. (2) Untuk mengetahui karakteristik geometrik jalan yang dilalui pengguna sepeda di Kota Surabaya. (3) Untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengguna sepeda di Kota Surabaya. (4) Membuat model kecelakaan pengguna sepeda berdasarkan fungsi jalan di Kota Surabaya. Metode Analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif frekuensi untuk mencari karakteristik pengguna sepeda yang terlibat kecelakaan serta karakteristik kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda. Generalized linier model digunakan untuk memodelkan prediksi kecelakaan sepeda yang dapat terjadi pada kondisi geometrik dan kondisi lalu lintas tertentu. Data primer terdiri dari Volume lalu lintas, kecepatan dan kondisi geometrik di lokasi studi. Data Sekunder diperoleh dari instansi terkait yakni dari Polda Jawa Timur, Bappeda Kota Surabaya, dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Berdasarkan data sekunder yang didapatkan terdapat 57 ruas jalan yang terjadi kecelakaan, akan tetapi dalam pelaksanaan penelitian hanya mengambil ruas jalan yang terjadi kecelakaan terbanyak yakni jalan Kenjeran, jalan Ahmad Yani, jalan Ngagel, jalan Kedung Cowek, jalan Raya Mastrip, jalan Ir. Haji Soekarno dan jalan Raya Darmo. Hasil analisis data kecelakaan menyatakan bahwa mayoritas pengguna sepeda yang terlibat kecelakaan di Kota Surabaya adalah laki-laki sebesar 69,9% dengan usia 15-20 tahun sebesar 14,6% dan memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta. Sedangkan karakteristik kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda di Kota Surabaya adalah terjadi rentang waktu 06.00-11.59 WIB sebanyak 37,6% dengan jenis kecelakaan ganda. Kemudian mayoritas cedera yang terjadi adalah luka ringan sebesar 38,2% dengan kerugian <Rp. 200.000 rupiah pada cuaca cerah. Model Prediksi Kecelakaan di Kota Surabaya McA= 1,061 Dimana: McA = jumlah kecelakaan, Arus = arus lalu lintas (smp/jam)

English Abstract

The developing of infrastructure and residential areas have a relative impact on traffic. The increasing number of the volume of traffic is directly proportional to the increasing number of an accident. Based on the data from Polda Jawa Timur, in 2014 namely 26 bicycle accidents and increased to 36 bicycle accidents in the year 2015 , while in 2016 was decreased, namely to 24 bicycle accidents .The purpose of this research: ( 1 ) to know characteristic of the rider of a bicycle in Surabaya. ( 2 ) to know characteristic of the road geometric where the bicycle accident occurs Surabaya. ( 3 ) to know characteristic of traffic accident involving bicycle users in Surabaya. ( 4 ) making an accident prediction model involving bicycle users in Surabaya. The method of analysis used is descriptive analysis frequency to find characteristic bicycle users involved accident and the characteristics of accidents involving bicycle users .Generalized linear model to make an accident prediction model that can happen on condition geometric and the traffic particular. Primary data consisting of the volume of traffic , speed and geometric conditions in the study locations. Secondary data obtained from related institution which is from Polda Jawa Timur, Bappeda Surabaya , and Dinas Perhubungan in Surabaya City. Based on the secondary data, there are 57 roads that have a bicycle accidents , however in the resear only takes the road that occurs most bicycle accident such as in Kenjeran, Ahmad Yani, Ngagel, Kedung Cowek, Mastrip, Ir .Haji Soekarno and Darmo. The analysis said that accident occurs has the majority of bicycle users involved accident in the city surabaya is man by 69,9% with age 15-20 year by 14,6 % and have a job as private sector workers. While characteristic of accidents involving bicycle users in the Surabaya is happening most in 06.00-11.59 WIB about 37,6 % with the double accident. Then the majority of injury was minor injuries at 38,2 % with a loss of < Rp. 200.000 at a good. An accident prediction model in Surabaya is McA = McA= 1,061 where: McA = number of accidents, Flow = traffic ( smp / hours )

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/157/051801620
Uncontrolled Keywords: model prediksi, kecelakaan pengguna sepeda, Generalized Linier Model, Kota Surabaya, model predictions, an accident bicycle users, Generalized Linear Model, Surabaya
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.8 Human factors and safety engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Mar 2018 01:42
Last Modified: 19 Oct 2021 22:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8888
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB II - TINJAUAN PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10. BAB II - TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (657kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB IV - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
12. BAB IV - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11. BAB III - METODE PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
11. BAB III - METODE PENELITIAN.pdf

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I - PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
9. BAB I - PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf]
Preview
Text
13. BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (931kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item