Analisis Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Dengan Brand Image Dan Brand Trust Sebagai Variabel Moderator (Survei pada konsumen Oppo Shop Center Sidoarjo)

Purnamasari, Desy (2017) Analisis Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Dengan Brand Image Dan Brand Trust Sebagai Variabel Moderator (Survei pada konsumen Oppo Shop Center Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh antara variable-variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Pengaruh yang diuji tersebut antara lain, pengaruh eWOM terhadap Brand Image produk, pengaruh eWOM terhadap Keputusan Pembelian, pengaruh eWOM terhadap Brand Trust , pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian, pengaruh Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunaksan pada penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 114 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari analisis jalur path dengan SPSS versi 20.0 Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variable (1) eWOM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image dengan nilai koefisien beta sebesar 0,615 dengan thitung sebesar 8,244 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (2) variabel eWOM memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien beta sebesar 0,635 dan thitung sebesar 8,704 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (3) variabel eWOM memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Brand Trust dengan nilai koefisien beta sebesar 0,734 dan thitung sebesar 11,423 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (4) variabel Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien beta sebesar 0,727, thitung sebesar 11,210 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (5) variabel Brand Trust memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian dengan koefisien beta sebesar 0,729, thitung sebesar 11,282 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05).

English Abstract

The study aims to analyze and examine the influence among the variables in this study. Influences that tasted in this study include, the effect of eWOM on Brand Image, the effect of eWOM on purchase decision, the effect of eWOM on Brand Trust, the effect of Brand Image of purchase decision, and the effect of Brand Trust on Purchase Decision. The research type used is explanatory research with quantitative approach. Samples taken 114 customers which is determined by purposive sampling technique. Data collecion method use are questionnaires. The statistical analysis used are descriptive analysis and inferential analysis consisting of path analysis with SPSS 20.0 version. Based on the path result showed that eWOM has a significant and positif effect of Brand Image with beta coefficients 0,615, arithmetic t 8,244, and probability 0,000 (p<0,05), eWOM has a significant and positif effect of Purchase Decision with beta coefficients 0,635, arithmetic t 8,704, and probability 0,000 (p<0,05), eWOM has a significant and positif effect of Brand Trust with beta coefficients 0,734 arithmetic t 11,432, and probability 0,000 (p<0,05), Brand Image has a significant and positif effect of Purchase Decision with beta coefficients 0,727, arithmetic t 11,210, and probability 0,000 (p<0,05), and Brand Trust has a significant and positif effect of Purchase Decision with beta coefficients 0,729, arithmetic t 11,282, and probability 0,000 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1243/051801354
Uncontrolled Keywords: EWOM, Brand Image, Brand Trust, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 08 Feb 2018 03:20
Last Modified: 26 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8805
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (669kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (561kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item