Qorirah, Fadhila (2017) Pemaknaan Penonton Remaja Perempuan Indonesia Atas Iklan Clean & Clear Episode ‘Mine-Mine-Mine’. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan dari produk perawatan dan kecantikan kulit mudah menarik hati para penonton perempuan. Lewat bantuan media massa, iklan produk perawatan dan kecantikan kulit tidak hanya membuat penonton untuk membeli produk yang dipasarkan, tetapi juga dapat membuat konstruksi standarisasi cantik di masyarakat. Seiring berjalannya waktu, nilai-nilai imperialisme memiliki campur tangan yang kuat pada iklan produk perawatan dan kecantikan kulit di Indonesia. Sehingga standarisasi cantik yang ditawarkan imperialisme telah masuk kedalam benak masyarakat. Hampir semua iklan produk perawatan dan kecantikan kulit di Indonesia cenderung untuk menggunakan kata putih bersih sebagai simbol dari kecantikan itu sendiri. dengan menawarkan janji bahwa lewat penggunaan produk tersebut, konsumen akan memiliki warna kulit yang lebih putih, agar terlihat lebih menarik. Hal ini tentu saja merupakan sebuah kemunduran yang terjadi di Indonesia, dikarenakan Indonesia merupakan sebuah Negara yang kaya dengan 300 suku bangsa dan etnis yang dimiliki, tentu saja menciptakan warna kulit yang berbeda dari yang dimiliki oleh Ras Kaukasia. Namun pada tahun 2017, brand Clean & Clear mengunggah sebuah iklan yang berusaha mendobrak stigma mengenai konsep kecantikan di Indonesia yang telah tercampur oleh nilai-nilai imperialisme dengan menggunakan #IAMBRIGHT, sebagai simbol agar perempuan di Indonesia dapat bangga dengan warna kulit alaminya masingmasing. Penelitian ini ingin menggali lebih dalam mengenai pemaknaan yang diterima oleh penonton perempuan di Indonesia dengan menggunakan metode Resepsi Analisis. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini ialah (1) Remaja perempuan Indonesia memiliki konstruk mainstream atas konsep cantik yang dipengaruhi mayoritas oleh pandangan media maupun pandangan masyarakat, dan (2) Iklan yang dekat dengan dimensi budaya remaja perempuan menimbulkan pemaknaan yang lebih sesuai dengan tujuan awal pengiklan.
English Abstract
At its best, beauty and skin product’s advertising has an ability to win over the heart of female audience. Not only for buying their product but also construct beauty standards through media, with pleasant visualization and persuasive text on the display. Over time, most of beauty and skin product advertisement in Indonesia has been embedded with imperialism values. Therefore, a standardization of beauty emerged in our society. Most of the advertisement tend to use the word ‘fair’ and ‘white” as a symbol of beauty. Proffering ‘lightening’ and ‘whitening’ in their products, the advertisement builds a desire for female consumer, to gain fairer skin, to become more attractive for others. This could be considered as a stepback for Indonesian female as, there are over 300 ethnics in Indonesia with various skin colors different from Caucasians’ skin type. From 2017, a new campaign has been published by Clean & Clear Indonesia, trying to break down beauty standards from the imperialism through their advertisements. Using #IAMBRIGHT as a catchphrase, they try to convince female audience to recognize their skin differences. This paper digs up the new perspective of female audience about the reconstruction of beauty standards in Clean & Clear advertisement employing Reception Analysis method. It is found that (1) Indonesian female teenagers’ construct of beauty concept are guided by both media’s depiction and the society, and; (2) The closer the cultural dimension depicted in the advertisement, the more homologous the audiences’ portrayal of idealized beauty. Although, on this research, it is also found that research subject’s appreciation does not always be translated into a purchase decision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/1136/051800554 |
Uncontrolled Keywords: | iklan, resepsi analisis, standarisasi kecantikan, Clean & Clear, advertisement, reception analysis, beauty standards, Clean & Clear |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 07:50 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 08:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8710 |
![]() |
Text
Fadhila Qorirah.pdf Restricted to Registered users only Download (38MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |